Sukseskan Program Jokowi, Keintjem: BPN Minsel Terus Berinovasi

Kepala BPN Minahasa Selatan Deany Keintjem

Amurang – Badan Pertanahan Nasional (BPN) Kabupaten Minahasa Selatan (Minsel) terus melakukan terobosan dan mendukung penuh program Presiden Jokowi, terkait kepengurusan sertifikat tanah di Minsel.

Kepala BPN Minahasa Selatan Deany Keintjem mengatakan, untuk Tahun 2020 BPN Minsel telah mengusulkan 23.000 bidang tanah bisa tersertifikasi dan sudah disetujui oleh Kementerian Agraria dan Tata Ruang ATR/BPN.

“Tahun 2020 kami telah mengusulkan sebanyak 23.000 bidang tanah dan telah disetujui oleh Kementerian Agraria dan Tata Ruang ATR/BPN,”ujar Keintjem.

Dikatakan Keintjem, untuk penyerahannya nanti kita akan melakukan percepatan seperti Tahun-tahun sebelumnya. “Agar bisa selesai 100 persen, strategi kita nantinya akan disalurkan pada bulan November 2019 agar semuanya bisa terealisasi,”ungkapnya.

Sebelumnnya, Tahun 2018 pemetaan 10.000 bidang dan sertifikat 8000 bidang. Diakuinya dirinya juga sudah berusaha untuk menambah 1500 bidang. jadi 1500 untuk PBTnya dan 1300 untuk sertifikatnya.

“Jadi sertifikatnya ada 9300 dan PBTnya ada 11.500. Dan untuk tahap pertama pemetaannya sudah selesai 100 persen. Dan Minsel satu-satunya pemetaannya dengan target sudah 100 persen tetapi dalam pengelolaan datanya masuk pada 96 persen,”jelasnya.

Sedangkan di Tahun 2019, kita mendahului untuk kegiatan pengukurannya, sehingga sampai saat ini kita sudah hampir selesai. Dan sertifikat kita yang sudah hampir selesai dan sudah siap untuk diserahkan sudah ada kurang lebih hampir 3000 bidang yang sudah selesai.

“Tinggal menunggu perintah dari Kanwil untuk menyerahkan 3000 bidang rencananya kami akan serahkan nanti ke Desa-desa,”pungkasya.

Keintjem beharap, antusias masyarakat juga untuk melakukan pembuatan sertifikat bisa lebih meningkat. Karena kita sudah berusaha proaktif serta antisipatif bagaimana supaya masyarakat mau untuk pembuatan sertifikat.

“Memang saat ini untuk Provinsi Sulut Minsal berada pada posisi teratas dari target yang terbesar serta penyelesaian semakin signifikan dan paling cepat terkait pembuatan dan penyaluran sertifikat tanah. Untuk itu saya terus mengajak masyarakat agar bisa membuat sertifikat tanah karena ini juga adalah program Presiden Jokowi,”tukasnya. (*/Kiki Liando)

Related posts

Leave a Comment