Bupati ROR Buka Musrenbang RKPD Tahun 2022

Minahasa – Bupati Minahasa Dr.Ir. Royke Oktavian Roring, M. Si. IPU.Asean. Eng bersama Wakil Bupati Minahasa Dr (Hc) Robby Dondokambey, SSi, MM membuka kegiatan  Musyawarah Perencanaan Pembangunan (Musrenbang) Rencana Kerja Pemerintah (RKPD) Kabupaten Minahasa Tahun 2022. Bertempat di MOY Convention Centre Tondano, Rabu (31/3/2021).

Rapat bertema “Pemantapan Ekonomi Masyarakat Melalui Peningkatan Kontribusi Sektor Pertanian, Perikanan dan Pariwisata Untuk Mendukung Pemerataan Pembangunan Wilayah.

Dihadiri Kajari Minahasa Rahmat Taufani, SH. MKn, Ketua DPRD Glady E. P. Kandouw, SE, Anggota DPRD Minahasa, Jajaran SKPD, Dan Camat.

Sambutan Bupati Minahasa Dr. Ir. Royke Oktavian Roring, M.Si. IPU. Asean Eng menyampaikan tanpa terasa suasana pandemi Covid-19, sudah setahun kita jalani dan patut memuji syukur kita semua masih dalam keadaan sehat berkat kasih karunia tuntunannya, sehingga masih dapat berkumpul melaksanakan musyawarah rencana pembangunan ( Musrembang) penyusunan RKPD Tahun 2022,dengan cara berbeda.

” Mengingat betapa penting dan strategisnya Musrenbang ini, maka diharapkan adanya sinergitas antara pemerintah, masyarakat dan swasta dalam menghasilkan rencana strategis menuju Minahasa yang maju dalam ekonomi dan budaya serta berdaulat adil dan sejahtera.” Ujar Bupati ROR.

Terkait dengan persoalan penanganan Covid 19, Bupati ROR menegaskan pemerintah sedang gencar dalam memerangi permasalahan ini. Diakui bahwa penyebaran Covid-19 yang trend nya semakin menurun.

Lanjut ROR, RKPD adalah penjabaran dari Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD) yang memuat rancangan-rancangan ekonomi daerah, prioritas pembangunan daerah, serta rancangan kerja dan pendanaan dalam jangka waktu satu tahun,

“Dengan harapan digelarnya kegiatan ini adanya output berupa kesepakatan rumusan sebagai bahan penyempurnaan kita lakukan melalui beberapa tahap sebelumnya. Melalui aplikasi sistem informasi pemerintahan daerah (SIPD) menjamin adanya keterkaitan dan konsistensi antara perencanaan dan penggangaran pelaksanaan dan pengendalian dan evaluasi.” Ucap Bupati ROR.

Lebih lanjut Bupati ROR menyampaikan, ini merupakan tahun keempat RPJMD, dan sesuai dengan Peraturan Daerah (Perda) no 1 Tahun 2019. Makanya penyusunan RKPD ini dapat dilakukan penguatan kebijakan money follow program prority dimana anggaran mengikuti program prioritas.

”Musrenbang ini menjadi momentum penting dan strategis dalam Pembangunan Pemkab Minahasa tahun 2022, dimana RKPD ini menjadi acuan dalam penyusunan APBD tahun 2022 sekalipun dalam keyakinan bersama terhadap situasi Pandemi Covid-19, yang kemudian berdampak pada penganggaran , ” terang Bupati.

Tak lupa Bupati ROR memberikan apresiasi kepada Badan Perencanaan Pembangunan Nasional dan Dirjen Kementerian Dalam Negeri Bina Pembangunan Daerah yang boleh mengikuti kegiatan ini secara daring. (Ronny)

Related posts