Program Pro Rakyat Delis-Djira Sentuh Warga Wana dan Warga Dataran Bawah di Mamosalato

MORUT-Perjalanan panjang dan melelahkan kampanye pasangan nomor 1 Delis-Djira (D1A) merupakan dua putra Daerah Bumi Tepo Asa Aroa yang maju jadi calon Bupati dan calon Wakil Bupati Kabupaten Morowali Utara, tak menyurutkan semangat juang demi tatap muka dalam kampanye terbatas dengan masyarakat di pedalaman Wana yang bermukim di dataran tinggi di Kecamatan Mamosalato.

Enam Desa didataran yang dihuni masyarakat Wana masing-masing Desa Winangabino, Desa Sea, Desa Lijo, Desa Parangisi, Desa Pakatu dan Desa terujung yang berbatasan langsung dengan Kabupaten Touna yakni Desa Menyo’e yang dikunjungi pasangan Delis-Djira selalu mendapat sambutan meriah oleh warga Wana yang belum merdeka dengan akses yang selama kurang mendapat perhatian serius Pemerintah.

Kedatangan dua putra daerah ini menjadi harapan dan impian warga Wana, betapa tidak, kondisi Medan yang ekstrim dilalui Delis-Djira bersama rombongannya membuat catatan khusus terhadap kawasan dataran atas pedalaman Wana yang sangat terisolir, padahal selama 7 tahun usia Morowali Utara seharusnya sudah ada lompatan-lompatan pembangunan dari pundi-pundi APBD yang belum sepenuhnya berpihak terhadap masyarakat termarjinalkan di Pedalaman Wana, sehingga harga sembilan bahan pokok serta BBM di kawasan tersebut harganya melambung tinggi akibat sulitnya akses.

Kedatangan Delis-Djira di Desa Menyo’e Rabu (11/11/2020) baru lalu menjadi kegembiraan tersendiri warga di Desa terujung tersebut, kenapa tidak, warga menitipkan harapan kepada kedua putra daerah ini, untuk memperhatikan kondisi akses atau jalan di kawasan dataran atas yang menggunakan Desa-Desa di dataran atas Wana.

Delis-Djira bersama rombongan terharu saat kedatangannya di pedalaman Wana, dan miris melihat kondisi akses, “Jangankan jalan, listrikpun di usia 75 tahun Indonesia merdeka bersama jaringan seluler belum sama sekali menyentuh daerah pedalaman Wana,” Ujar Lian Warga Wana dengan nada sendu sembari menunjuk kearah jalan menuju desanya yang sulit dilalui kendaraan roda dua dan empat.

Tak hanya itu, kedatangan Delis-Djira juga jadi harapan bagi warga Wana, dan mendoakan kedua putra daerah ini agar terpilih memimpin Morowali Utara, sehingga akses pedalaman Wana dapat menjadi prioritas dalam pembangunan.

Setelah beberapa hari didataran atas pedalaman Wana, Delis-Djira turun kedataran bawah kembali melakukan kampanye terbatas dengan tetap.mengikuti Protokol Kesehatan Covid-19, yakni di Desa Pandauke, Desa Girimulya dan Desa Kolo Bawah
.
Sebagaimana dalam setiap kampanye kedua putra daerah ini, selalu disambut meriah bahkan di Desa kelahiran H.Djira di Desa Kolo Bawah Jumat (13/11/2020), Delis-Djira disambut meriah secara adat dan budaya suku Bajo, warga tumpah ruah menyambut Delis-Djira, meski begitu warga tetap menggunakan masker dan menjaga jarak. (Johnny)

Related posts