Pemkot Tomohon Gelar Rakorev Keuangan Triwulan I

Tomohon – Pemerintah Kota Tomohon melalui Badan Keuangan Daerah (BKD) menggelar Rapat Koodinasi dan Evaluasi (Rakorev) Keuangan-Triwulan I, kegiatan dilaksanakan di Rumah Dinas Walikota, Selasa (7/5/19).

Walikota Tomohon Jimmy F Eman SE Ak CA didampingi Wakil Walikota Syerly Adelyn Sompotan mengatakan
rapat ini sangat penting dalam rangka mensinergikan upaya kerja kita dalam pelaksanaan pemerintahan khususnya pada urusan pengelolaan keuangan daerah di Kota Tomohon, sekaligus mengevaluasi capaiannya karena pengelolaan keuangan daerah dapat berhasil manakala seluruh Perangkat Daerah menjalankan fungsinya dengan baik.

Kepada Perangkat Daerah Walikota menghimbau sekaligus memotivasi agar melakukan penyerapan anggaran secara maksimal sesuai perencanaan pembangunan, sehingga roda perekonomian dapat begerak dan meningkatkan kesejahteraan masyarakat Kota Tomohon.

Kaitannya dengan Pendapatan Asli Daerah, Walikota mengingatkan bahwa upaya untuk meningkatkan PAD perlu didukung oleh semua pihak, terutama diawali kita sebagai aparatur pemerintah yang ada dengan memberikan contoh yang baik kepada masyarakat dengan taat bayar pajak dan retribusi lainnya.

Ditegaskan pula kaitan edaran Walikota tentang kebijakan pelaksanaan APBD Kota Tomohon TA 2019 khususnya tentang kebijakan dalam hal pembayaran non tunai. Hal ini merupakan tindaklanjut Pemerintah Kota Tomohon dalam mendukung terlaksananya gerakan nasional non tunai.

“Marilah kita tingkatkan kinerja kita serta senantiasa memberikan pelayanan terbaik kepada masyarakat,” ujar Walikota Eman.

Kesempatan itu Walikota Eman menyampaikan selamat menunaikan ibadah puasa kepada seluruh umat muslim yang ada di Kota Tomohon dan pada umumnya.

“Untuk masyarakat non muslim, marilah kita tetap menghormati ibadah ini, sehingga terus nampak hidup yang rukun, saling menghargai, menghormati antar umat beragama,” ajak Walikota Eman

Sementara itu Kepala Badan Keuangan Daerah Kota Tomohon Drs Gerardus Mogi menyampaikan Rakorev dilaksanakan dalam rangka peningkatan kinerja instansi pemerintah dan kualitas pelayanan publik. Hal ini juga sebagai upaya peningkatan koordinasi antar Perangkat Daerah dalam pelaksanaan pengelolaan keuangan daerah yang bertujuan untuk memberikan keyakinan yang memadai bagi tercapainya efektivitas dan efesiensi pencapaian tujuan penyelenggaraan pemerintahan daerah.

Dalam rapat tersebut Sekretaris Kota Tomohon Ir Harold Lolowang MSc ikut menyampaiakn materi. Hadir juga sebagai narasumber Kasat Reskrim Polres Tomohon AKP Ikhwan Syukri SH SIK mewakili Kapolres, Kasubsi pertimbangan hukum Kejari Tomohon Helena Yuniwasti SH MHum mewakili Kajari, dan unsur Badan Pengelolaan Keuangan dan Aset Daerah Provinsi Sulut.

Hadir sebagai peserta rapat para Kepala Perangkat daerah (PD) bersama bendahara pengeluaran dan penerimaan Perangkat Daerah termasuk bendahara pengeluaran pembantu kelurahan, Para Kepala Bagian, para Camat dan Lurah, serta unsur BUMD. Hadir juga para pejabat Eselon dua Setda Kota Tomohon.(Oma)

Related posts

Leave a Comment