Hadiri Rapat Paripurna DPRD Terkait RPJPD, Ini Yang Disampaikan Bupati ROR

Tondano – Bupati Minahasa Ir. Royke Octavian Roring, M.Si, menghadiri rapat Paripurna DPRD Kabupaten Minahasa dalam Rangka Nota Persetujuan bersama DPRD dan Kepala Daerah mengenai Peraturan Daerah Kabupaten Minahasa tentang Perubahan Perda No. 1 Tahun 2009 Tentang Rencana Pembangunan Jangka Panjang Daerah (RPJPD) Kabupaten Minahasa Tahun 2005-2025,bertempat di ruang sidang DPRD Minahasa, Selasa (07/05).

Rapat Paripurna tersebut di Pimpin Ketua DPRD Kabupaten Minahasa James Rawung, SH, dan di hadiri para Wakil Ketua dan anggota DPRD,Sekretaris Daerah Kabupaten Minahasa Jeffry R. Korengkeng SH. M.Si,Forkopimda Kabupaten Minahasa, serta jajaran Pemerintah kabupaten Minahasa.

Dalam sambutannya Bupati Minahasa, Ir. Royke O. Roring, M. Si menyampaikan bahwa RPJPD Kabupaten Minahasa tahun 2008-2028 sesuai Perda Kabupaten Minahasa Nomor 1 Tahun 2009, disusun sebelum Permendagri No. 86 Tahun 2017 sehingga secara otomatis substansinya belum sesuai dengan kaidah Permendagri tersebut, itulah sebabnya perlu dilakukan perubahan.

“Penyesuaian Perubahan akan dilakukan terhadap Tahun penyelenggaraan RPJPD menjadi 2005-2025 sesuai RPJP Nasional. Perumusan sasaran pokok serta arahan pokok dan arah kebijakan. Masalah kurun waktu ini wajib dilaksanakan karena amanat dari UU Nomor 17 Tahun 2007 Tentang RPJP Nasional bahwa Kurun Waktu setiap RPJPD harus sesuai dengan kurun waktu RPJPN, dan terkait perubahan sasaran pokok, hal tersebut perlu dilakukan perumusan kembali agar arahan pembangunan daerah dapat selaras dengan arahan pembangunan nasional sekarang ini,” jelas Bupati ROR

Bupati ROR menyampaikan terima kasih dan Apresiasi kepada pimpinan dan anggota dewan yang terhormat dalam hal ini Panitia Khusus (Pansus) atas kerjasama yang telah diberikan dalam membahas RPJPD Kabupaten Minahasa tahun 2005-2025 sampai hari ini pada tahapan Nota Persetujuan Bersama DPRD dan Kepala Daerah. “Tuturnya.

Di akhir sambutan Bupati ROR menginformasikan beberapa kegiatan Pemerintahan yang sedang berlangsung di Kabupaten Minahasa diantaranya Pemeriksaan Keuangan dari Tim BPK RI yang direncanakan akan berakhir dalam waktu dekat (exit meeting).

“Untuk itu kepada para kepala perangkat daerah agar dapat berkoordinasi untuk memenuhi apa yang diminta oleh Tim BPK RI dalam rangka kebutuhan pemeriksaan serta usaha kita untuk mempertahankan Opini WTP, Kemudian saat ini Kabupaten Minahasa sementara dalam tahap evaluasi Kabupaten Layak Anak (KLA) oleh Tim verifikasi lapangan Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak RI, untuk itu kepada para perangkat daerah untuk melengkapi data pendukung memenuhi permintaan Tim Verifikasi agar Kabupaten Minahasa dapat memperoleh Penghargaan KLA Kategori Madya,” ucap Bupati ROR.

Di katakan Bupati, terkait informasi pelaksanaan kerjasama antara Pemerintah Kabupaten Minahasa yang dalam hal ini RSU DR. Sam Ratulangi Tondano dengan BPJS Kesehatan, dimana sempat diberitakan akan berakhir. Perlu dijelaskan kepada seluruh masyarakat bahwa salah satu persyaratan yang harus dipenuhi dalam MoU dengan BPJS kesehatan yakni Akreditasi Rumah Sakit untuk menjamin standar pelayanan yang diberikan kepada masyarakat sesuai dengan apa yang diharapkan atau standar pelayanan.

“Pada saat ini Pihak RSU DR. Sam Ratulangi Tondano sudah mengajukan pelaksanaan akreditasi namun masih menunggu Tim Akreditasi yang belum turun melakukan Validasi Data Akreditasi. Kami optimis tim akreditasi akan segera turun secepatnya agar pelayanan kepada masyarakat dapat berjalan normal,” ujar Bupati ROR seraya menambahkan pada saat ini pula saudara-saudara kita yang beragama Islam sudah memulai ibadah puasa.

“Atas nama Pemerintah Kabupaten Mianahasa menyampaikan selamat menunaikan Ibadah Puasa. Dan dihimbau kepada seluruh masyarakat untuk menjaga kebersamaan dan toleransi serta menghormati mereka yang sedang melaksanakan ibadah puasa,” ucap Bupati ROR.

Bupati juga berharap Pimpinan dan Anggota DPRD Kabupaten Minahasa untuk bersama-sama mendukung dan mensukseskan Pembangunan di Kabupaten Minahasa yang telah kita rencanakan selanjutnya telah dan akan dilaksanakan, mari kita kawal segala pelaksanaan bahkan kita evaluasi bersama pelaksanaannya.

Rapat Paripurna, dilanjutkan dengan Penandatangan Perjanjian Kerjasama Tiga Pihak antara Sekolah di Indonesia dengan Perusahaan di China di Indonesia dan Pemerintah Kabupaten Minahasa dalam Program Pelatihan Bakat Terampil.

Pihak Pertama : Mr. Liang Qi Vice selaku Consellor Suzhou University
Pihak Kedua    : Mr. Wang Hai King selaku Direktur PT. CITI
Pihak Ketiga    : Bupati Minahas Ir. Royke Octavian Roring, M.Si. (Ronny Rantung)

Related posts

Leave a Comment