Pemkab Minut Terima Calon THL Sesuai Tahapan Seleksi dan Kebutuhan OPD

Bupati Minahasa Utara Joune Ganda

Minut – Perekrutan Calon Tenaga Harian Lepas (THL) di Pemkab Minahasa Utara (Minut) masih dibuka hingga besok hari.

Hal ini disampaikan Bupati Minahasa Utara, Joune Ganda kepada sejumlah wartawan di Atrium Kantor Bupati, Senin (05/04/2021).

Selain itu, Bupati Joune juga mengatakan, perekrutan THL saat ini menggunakan sistem seleksi, seperti tes wawancara. Tidak hanya itu,THL yang nantinya diterima harus berdasarkan kebutuhan dimasing-masing Organisasi Perangkat Daerah (OPD).

“Atas rekomendasi BPK untuk THL hanya sekitar empat ratusan, saat ini metode penerimaan kita melakukan seleksi, ada wawancara untuk melihat kemampuan dari calon THL. Jadi mereka yang diterima benar-benar yang memiliki kompetensi,” tegas JG.

Ditambahkannya, pembukaan lowongan untuk THL masih dimungkinkan, jika nantinya memang ada ketambahan kebutuhan dari OPD.

“Ini yang perlu saya tekankan, pemeritnah kabupaten akan melakukan rencana pemberdayaan ekonomi masyarakat, kita akan memberikan bantuan langsung dan tidak langsung kita siapkan untuk masyarakat. Jadi bukan berarti karena penerimaan jumlah THL saat ini kurang dibandingkan dengan yang lalu kemudian jumlah tenaga kerja berkurang,” tambahnya.

Lebih lanjut JG pun membeberkan alasan perekrutan jumlah THL yang terbatas, dimana selain keterbatasan anggaran, juga bisa menutup peluang penambahan jumlah ASN.

“Jadi THL ini sebagai pendamping yang membantu tugas ASN, disinyalir THL yang terlalu banyak sehingga banyak pekerjaan ASN dikerjakan THL. Kita menampung banyak THL terus tidak mampu bayar, apalagi jumlah THL yang terlalu banyak ada kemungkinan menutup peluang penerimaan ASN,” tukasnya. (***)

Related posts