Pemkab Minahasa Verifikasi Kembali Data BPJS Yang Dicover Pemda

DR. Denny Mangala

Tondano – Bupati Minahasa Ir. Royke O. Roring, M.Si didampingi Sekda Ir. Ronald Sorongan dan  Asisten Bidang Pemerintahan dan Kesejahteraan Rakyat DR. Denny Mangala. M.Si menghadiri rapat ferivikasi Kepesertaan BPJS, bertempat di Ruang Sidang Pemkab, Rabu (29/1/2020) kemarin.

Asisten 1 Bidang Pemerintahan dan Kesjahyeraan Masyarakat saat di temui beberapa wartawan menanyai terkait ferivikasi data BPJS menyampaikan, ini memang dilakukan karena mempertimbangkan kenaikan iuran BPJS dari 23 ribu menjadi 42 ribu otomatis kita harus memferivikasi kembali nama nama penduduk minahasa yang perlu dikafer dengan jamkesda Pemda,

“Tentunya kita tidak bisa lagi mengunakan mekanisme Unifersal helt cover raets mengcafer semua, ini memerlukan dana 75 Miliar tentunya pemda Minahasa tidak mampu untuk melakukan itu.” ujar Mangala.

Dikatakannya, sehinga petunjuk Pak Bupati Ir. Royke O. Roring, M.Si. IPU Dan Wakil Bupati Robby Dondokambey, SSI.MM Pemda Minahasa akan prioritaskan tahun 2020 adalah para penduduk yang menderita 1 penyakit kronis 2 berobat rutin, 3 yaitu penderita atau penyandang distabilitas 4. Penduduk benar tak mampu. “Ini kategori , 4 empat ini yang di proritas masuk dalam program jamkesda pemda di tahun 2020.” jelas Mangala.

Dijelaskan Mangala, untuk menemukan data benar benar falid akan kembali di tinjau sampai tingkat bawah
Desa/ Kelurahan, kecamatan sampai tingkat kabupaten supaya yang di sodorkan/ajukan untuk program pemda betul yang memenuhi 4 empat hal kategori.

Lebih lanjut Mangala menyampaikan Pihak BPJS hanya berikan data terkait yang dipilih pemerintah melalui Jamkesda pemda.

” Nah sementara kan ada penduduk yang terdaftar BPJS Mandiri, perkerja upah, ASN, TNI, POLRI dan pekerja swasta,data ini yang termasuk mandiri tidak diberikan BPJS. Ini menyulitkan kita tentu mensinkronkan data tidak menutup kemungkinan terjadi ganda, Kami harapkan BPJS bisa menopang program pemerintah daerah supaya data falid.”Tutupnya (Ronny)

Related posts

Leave a Comment