Ketua PWI Sulut Lantik Pengurus PWI Kota Tomohon

Tomohon –  Ketua Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Provinsi Sulawesi Utara Voucke Lontaan secara sah melantik pengurus Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Kota Tomohon Periode 2020-2023, Bertempat di Rumah Dinas Walikota Tomohon, Jumat (31/1/2020).

Sebelum melantik Lontaan mengajak seluruh wartawan yang ada untuk dapat menjalankan tugas fungsi sebagai wartawan secara tepat. “Seperti menjalankan tugas menurut kaidah kode etik jurnalistik yang berlaku,” pintanya.

Tak hanya itu, ia juga meminta insan pers bersinergi dengan semua unsur. “Marilah kita bersinergi dalam tugas kerja, baik itu bersama pemerintah, bersama PWI Provinsi Sulut, PWI Pusat, termasuk masyarakat,” ajak Lontaan.

Sementara, Wali Kota Tomohon Jimmy F Eman SE Ak CA melalui Sekretaris Daerah Kota Tomohon Ir Harold V Lolowang MSc MTh, yang menyaksikan pelantikan menyebut PWI memiliki peran besar.

“Peranan PWI, peranan wartawan sangat besar. Pers itu sebagai bagian yang membuat sejarah,” tukas Lolowang seraya berharap PWI kedepan harus lebih baik dan berkembang dari tahun-tahun sebelumnya.

Sinergi wartawan dengan pemerintah daerah, kata Lolowang perlu ada demi meningkatkan kesejahteraan rakyat.

“PWI harus memiliki peran yang besar untuk mewujudkan hal tersebut. Mengawal dan mengontrol kebijakan pemerintah sesuai kode etik jurnalistik,” akunya dihadapan Insan Pers.

Ia menambahkan, insan pers merupakan pilar keempat yang turut membangun bangsa dan menyuarakan kepentingan rakyat. “Atas nama Pemerintah Kota Tomohon dan masyarakat mengucapkan selamat kepada para pengurus PWI Kota Tomohon yang baru dilantik,” kunci Lolowang.

Ketua PWI Kota Tomohon John Paransi usai pelantikan berharap adanya konsisten dan kerjasama dari seluruh pengurus yang ada guna mewujudkan PWI Kota Tomohon lebih maju sebagai pilar demokrasi ke-4.

Lanjut dia, peningkatan kualitas jurnalis harus terus diupayakan sebagai salah satu penguatan peranan pers dalam menyampaikan informasi atau berita yang baik kepada masyarakat. “Kemampuan wartawan meliput dan menyiarkan berita yang mengacu pada norma-norma dan etika pers sangat penting agar masyarakat lebih mempercayai berita media massa yang akurat, jujur, berimbang dan positif dibanding berita bohong (hoax),” tuturnya.

Kata Paransi juga, PWI Kota Tomohon akan tetap bersinergi dengan Pemerintah. “Namun fungsi kontrol sosial tetap dijalankan sebagai wartawan profesional. PWI Kota Tomohon bahkan akan memberi sumbangsih positif terhadap kemajuan pembangunan di daerah,” ujarnya.

Tampak hadir menyaksikan pelantikan tersebut, unsur Forum Pembauran Kota Tomohon dan jajaran Bagian Protokol dan Komunikasi Pimpinan Setda Kota Tomohon. (Oma)

Related posts

Leave a Comment