oleh

Bupati Pontoh Hadiri Pesta Adat Tulude Jemaat Bukit Sion Mokoditek

Bolmut – Bupati Bolmut Drs. Hi. Depri Pontoh menghadiri Perayaan Pesta Adat Tulude yang bertempat di Lapangan Desa Mokoditek Kecamatan Bolangitang Timur. Jumat (31/01/2020). 

Pesta Adat Tulude yang digelar oleh Jemaat Gereja Masehi Injili di Bolaang Mongondow (GMIBM) Bukit Sion Mokoditek tersebut mengangkat tema “Sehati Sepikir Menjadi Kekuatan untuk Membangun Adat Sangir Talaud Sitaro Untuk Kita Semua”.

Dalam sambutannya Bupati Pontoh mengungkapkan rasa bangga dan apresiasinya kepada masyarakat Bolmut asal Nusa Utara yang masih memelihara sistem nilai budaya dan sosial serta masih percaya bahwa kebahagiaan dan kepuasan hidup tidak semata faktor material saja, melainkan oleh kearifan manusia dalam menjaga keseimbangan hubungan antara manusia dengan pencipta, antara sesama manusia dan manusia dengan lingkungan alamnya.

Dirinya mengajak masyarakat di bawah tuntunan para pemangku adat untuk dapat mempelopori kembali pengembangan adat istiadat Nusa Utara di Bolmut sebagai bagian dari kekayaan budaya Nasional.

“Diharapkan perayaan Adat Tulude dapat menjadi momentum perekat kesatuan adat yang tetap memegang tali persaudaraan di antara masyarakat dalam mewujudkan kehidupan yang rukun dan damai.” Ujar Bupati.

Pada kesempatan tersebut, Bupati Pontoh menyampaikan keprihatinanya terhadap kejadian di Desa Tumaluntung Kecamatan Kauditan Minahasa Utara. Dimintakan kepada para Camat untuk terus meningkatkan koordinasi dengan dengan pihak Koramil dan Polsek di wilayah masing-masing untuk mengantisipasi aktifitas individu atau kelompok yang mengarah pada aksi radikal.

“Tingkatkan terus kewaspadaan terhadap isu-isu negatif yang dilontarkan baik oleh oknum atau kelompok yang ingin memecah belah persatuan dan kesatuan umat beragama di daerah. Terus mantapkan stabilitas dengan membina dan memelihara kerukunan hidup beragama, baik antar sesama umat beragama maupun antar umat beragama.” Ajak Bupati.

Diketahui, Pesta Adat Tulude merupakan tradisi masyarakat adat Sangihe Talaud dan Sitaro sebagai ungkapan rasa syukur atas berkat dan tuntunan Tuhan dalam perjalanan hidup di Tahun 2019 serta atas perkenanNya sehingga dapat memasuki kehidupan di Tahun 2020.

Turut hadir Sekertaris Daerah Bolmut Dr. Drs. Hi. Asripan Nani, M.Si., Kapolres Bolmut AKBP. Eko Kurniawan, S.IK., Anggota DPRD Bolmut, Pimpinan Perangkat Daerah, Camat Bolangitang Timur, para Sangdi, tokoh-tokoh agama serta masyarakat Mokoditek Bersatu. (*/JM)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *