Ini Yang Dilakukan Polres Bitung Dalam Memutus Mata Rantai Penyebaran Virus Corona

Bitung, Redaksisuslut – Penanganan pencegahan Covid 19 atau Virus Corona, Polres Bitung bersama Jajaran terus berusaha memutus mata rantai penyebaran virus ini.

Hal ini disampaikan Kapolres Bitung, AKBP F X Winardi Prabowo SIK bahwa dalam penanganan kasus Virus Corona Polres bitung akan membentuk dua Satgas.

“Dalam pencegahan penyebaran Virus kami akan bentuk dua satgas dimana Satgas Internal dan Satgas Eksternal. Untuk Satgas Internal akan melakukan pencegahan penyebaran yang ada lingkungan Mapolres dan Polsek agar mencegah penyebaran dijajaran Polres dan personil yang ada di Polsek yang ada di Kota Bitung dan untuk Satgas Eksternal akan melakukan upayah pencegahan memotong jalur penyebaran Covid 19 di kalangan Masyarakat”. Katanya.

Ia juga mengatakan bahwa saat ini sudah ada kerjasama dengan Pemerintah dan Stakeholder dimana akan melakukan sosialisasi dan edukasi kepada masyarakat agar tidak terjadi kepanikan dengan adanya virus ini.

“Tugas Polri untuk memberikan kenyamanan dimana menindaklanjuti adanya masalah sosial. Kami menghimbau agar yang bersangkutan bila ada gejala identitasnya tidak boleh disampaikan agar tidak terjadi korban dua kali, artinya sudah terkena virus juga jadi sangsi sosial dijauhi masyarakat serta punya kemungkinan akan ada pengrusakan. Untuk itu kami sampaikan kepada masyarakat agar menjalani pola hidup sehat dengan tidak berhubungan secara langsung, tidak bisa bersalama tetapi mari perbiasakan gunakan salam kedamaian”. Kata Winardi.

Seraya menambahkan bahwa “Dengan adanya kebijakan dari Pemerintah dan Presiden untuk belajar, bekerja dan beribadah dari rumah kami menghimbau kepada orang tua agar benar-benar memusatkan anak-anak untuk tidak berkeliaran agar memutus mata rantai penyebaran Virus ini bisa terlaksana dengan baik dan kedepan sudah bekerja sama dengan Satpol PP untuk melakukan razia di tempat-tempat banyak anak-anak berkumpul”. Tambah Winardi.

Sementara itu, Kasubbag Humas Polres Bitung IPDA S. W. Sugianto mengatakan Polres Bitung dan Polsek Jajaran telah menyediakan cairan antiseptic hand sanitizer di sejumlah tempat pelayanan. Rabu, (18/3/2020).

“Kami sudah menyediakan cairan antiseptic di ruangan SPK T, ruangan SKCK, ruangan SIM dan ruangan Sat Reskrim serta ruangan lainnya untuk memudahkan masyarakat mencuci tangan dalam upaya mengantisipasi penyebaran Covid 19 atau Virus Corona. Hal ini dilakukan untuk pencegahan penyebaran Covid 19 atau Virus Corona, serta membudidayakan masyarakat untuk hidup sehat dengan mencuci tangan, karena ini langkah antisipasi penyakit tersebut dengan memasang cairan pencuci tangan (hand sanitizer) di setiap pintu masuk ruangan satuan kerja dan di depan ruang pelayanan masyarakat”. Kata Sugianto.

Untuk mencuci tangan yang benar ada enam langkah dimana mulai menggosok telapak tangan, lalu punggung tangan, sela sela jari, ujung jari dengan posisi mengunci, putar ibu jari serta terakhir kuku jari dan kemudian bilas dengan air bersih. (Wesly)

Related posts

Leave a Comment