Cegah Penyebaran Virus Corona, ASN dan THL Pemkot Manado Kerja Dirumah Selama 16 Hari

Manado –  Mencegah sebaran virus Corona atau Covid-19 di Kota Manado, Walikota Manado DR Ir GS Vicky Lumentut SH MSi DEA mengambil kebijakan melliburkan Aparatur Sipil Negara (ASN) dan Tenaga Harian Lepas (THL) di lingkup Pemerintah Kota (Pemkot) Manado selama 16 hari.

Surat edaran Walikota Manado nomor 044/B.04/BKPSDM/207/2020 tentang penyesuaian sistem kerja ASN dalam upaya pencegahan Covid-19 di lingkungan Pemkot Manado yang ditandatangani Walikota GSVL menyebutkan libur berlaku 16 sampai 31 Maret 2020 dan efektif masuk kantor tanggal 1 April 2020.

Surat edaran tersebut selain sebagai langkah pencegahan penyebaran virus Corona juga menindaklanjuti edaran Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (MenPAN-RB) nomor 19 tahun 2020.

Dalam surat edaran Walikota Manado menyebutkan pemberlakuan libur selama 16 hari tidak berlaku bagi pejabat eselon II dan III termasuk lurah, juga bagi ASN dan THL yang bekerja sebagai Satuan Tugas Kesiapsiagaan, Kewaspadaan dan Pengendalian terhadap penularan Covid-19 (virus Corona).

Meski diliburkan dari kedinasan, namun ASN dan THL bekerja dari rumah dengan sistem online termasuk daftar hadir yang dipantau dari WhatApp Group masing-masing Unit Kerja.

Dalam surat edaran itu dengan tegas melarang ASN dan THL bepergian ke tempat-tempat umum dan tempat hiburan kecuali untuk keperluan memenuhi kebutuhan terkait pangan, kesehatan dan keselamatan serta harus melaporkan kepada atasan masing-masing.

Selain itu, ASN dan THL menunda kegiatan rapat dan pertemuan yang menghadirkan banyak orang, kecuali penyelenggaraan rapat yang bersifat prioritas atau urgen dengan memperhatikan jarak aman antar peserta rapat.

Walikota GSVL juga menginstruksikan ASN dan THL agar menunda perjalanan dinas keluar daerah maupun luar negeri yang tidak bersifat urgen dan mendesak. (JM)

Related posts

Leave a Comment