Walikota GSVL Irup di Upacara Bendera Hari Kebangkitan Nasional Ke-111

Manado – Walikota Manado DR Ir GS Vicky Lumentut, SH MSi DEA, selaku Inspektur Upacara (Irup) pada upacara bendara dalam rangka memperingati Hari Kebangkitan Nasional yang Ke-111, dengan Tema “ Bangkit Untuk Bersatu”, bertempat dilapangan Sparta Tikala, Senin (20/05/2019).

Dan perwira upacara pada peringatan hari Kebangkitan Nasional, Kadis Kominfo Kota Manado, Erwin Kountu, serta Komandan Upacara Camat Wenang, Donald Sambuaga.

Dalam sambutan Menteri Komunikasi dan Informatika RI, Rudiantara, S.Stat, MBA, yang dibacakan, Walikota, bahwa Sumpah Palapa merupakan embrio paling kuat bagi janin persatuan Indonesia.

Wilayah nusantara yang disatukan oleh Gajah Mada telah menjadi acuan bagi perjuangan berat para pahlawan nasional seperti yang secara de jure terwujud dalam Negara kesatuan republik Indonesia saat ini.

Peringatan hari Kebangkitan Nasional Ke-111, kali ini sangat relevan jika dimaknai dengan teks Sumpah Palapa tersebut. Kita berada dalam situasi pasca-pesta demokrasi yang menguras energi dan emosi sebagian besar masyarakat kita

Kita mengaspirasikan pilihan yang berbeda-beda dalam Pemilu, namun semua pilihan pasti kita niatkan untuk kebaikan bangsa, oleh sebab itu tak ada maslahatnya jika dipertajam dan justru mengoyak persatuan sosial kita.

Pada ujung bulan Ramadhan nanti, kita bisa seperti Mahapatih Gadjah Mada, mengakhiri puasa dengan hati dan lingkungan yang bersih berkat hubungan yang kembali Fitri dengan saudara-saudara disekitar kita.

Dengan semua harapan tersebut, kiranya sangat relen apabila peringatan hari Kebangkitan Nasional disematkan tema, Bangkit Untuk Bersatu, kita bangkit untuk kembali menjalin persatuan dan kesatuan dalam bingkai NKRI,

“Selamat memperingati hari Kebangkitan Nasional yang Ke-111, dan mengajak kita semua sebagai sesama anak bangsa secara sadar memaknai peringatan kali ini dengan memperbaharui semangat gotong-royong dan kolaborasi, sebagai warisan kearifan lokal yang akan membawa kita menuju kejayaan di pentas global.”ujar Walikota dalam membacakan Sambutan Menteri Kominfo RI.

Hadir dalam upacara tersebut, Wakil Walikota Mor D, Bastiaan, SE, Sekretaris Daerah Kota Manado Micler CS Lakat, SH, MH, Forkopimda Kota Manado, Para Staf Ahli Walikota, Para Asisten Setda Kota Manado, Para Pejabat Eselon II, III dan IV, serta para Undangan.(*/JM)

Related posts

Leave a Comment