Wabup RD Sebut Pelestarian Danau Tondano Masuk Skala Prioritas Nasional

Minahasa – Wakil Bupati Minahasa, Dr. (HC) Robby Dondokambey, MM menyaksikan Penandatanganan Perjanjian Kerja Sama (PKS) antara Kementerian PUPR Dirjen Sumber Daya Air Balai Wilayah Sungai I Sulut dan Sulawesi II Gorontalo dengan TNI tentang Dukungan Kegiatan Pemeliharaan Danau Tondano dan Limboto dalam rangka Penguatan Pembinaan Teritorial yang digelar di Astound Hill, Peleloan, Tondano Selatan.

Penandatanganan dilakukan Pangdam XIII Merdeka, Mayjen TNI. Santos Matondang, MM, MTr (Han) dengan Kepala Balai Wilayah Sungai Sulawesi I, Ir. Bastari, M.Eng dan Kepala Balai Wilayah Sungai Sulawesi II, Ir. Naswardi, MT.

Wabup RD dalam sambutannya mengapresiasi pihak TNI dan Kementerian PUPR dalam hal ini Balai Wilayah Sungai Sulawesi I dan II yang memiliki komitmen dalam hal pembinaan wilayah di Danau Tondano dan Danau Limboto.

“Sudah menjadi komitmen bersama untuk mengembalikan fungsi Danau Tondano sebagai tampungan air melalui pengerukan dan pembersihan eceng gondok.” Ujar Wabup RD.

Lanjut menurut Wabup RD yang dikenal dengan warga ini, dengan adanya komitmen ini diharapkan ke depannya Danau Tondano akan menjadi kawasan wisata. “Sehingga memang Danau Tondano terancam kelestariannya karena itu pemerintah pusat menjadikannya salah satu danau prioritas nasional,” terang Wabup lagi.

Sementara itu Pangdam, Santos Matondang berharap penandatanganan PKS ini dapat ditindaklanjuti sehingga manfaatnya nanti bisa dirasakan. Turut hadir Danrem 131 Santiago, Brigjen. Meyer Putong, Plt. Kadis PU Provinsi Sulawesi Utara, Adolf Tamengkel dan Sekdakab Minahasa, Frits Muntu, S.Sos yang didampingi jajaran terkait. (*/Ronny)

Related posts