Wabup Minahasa Hadiri Upacara Adat Tulude

Tondano -Wakil Bupati Minahasa DR. Robby Dondokamby, S.SI.MM,menghadiri upacara Adat Rukun Nusa Utara ” Tulude ” bertempat di Lapangan DR. Sam Ratulangi Tondano, Jumat (22/02/2020).

Sambutan Gubernur Sulawesi Utara diwakili Asisten Pemerintahan dan Kesra Drs.Edison Humiang MSi, mengajak mari panjatkan puji dan syukur atas berkat dan kasinya serta bangga kepada masyarakat nusa utara khususnya berada di kabupaten Minahasa baik tokoh agama , tokoh adat, tokoh masyarakat yang terus melestarikan nilai Budaya didaerah Minahasa ini.

“Terima kasih karena telah mendukung program pemerintah Sulawesi Utara dan kabupaten Minahasa terutama dalam upaya pelestarian tradisi dan budaya sebagai aset daerah yang merupakan bagian dari budaya nasional. Dan hal ini patut kita syukur pemberianya potensi alam dan budaya yang terpadu secara atraktif mampu kita optimalkan bersama, hingga telah membawa daerah ini terus maju dan berkembang.” ujar Humiang.

Dikatakan Humiang, mari kita maknai acara ini sebagai momentum untuk mengintrospeksi dan mengevaluasi diri, baik dari segi sikap tindakan maupun memposisikan diri dalam kehidupan sosial yang harmonis, rukun, dan damai serta saling memanusiakan satu sama lain, sebagaimana jati diri masyarakat Sulawesi Utara.

“Hal terpenting menjaga keamanan kebersamaan kekeluargaan NKRI, mengingat dewasa ini keutuhan Negara kita sedang terancam dengan isu-isu SARA, gerakan, radikalisme, terorisme dan hal-hal yang bersifat negatif lainnya.”Ujarnya.

Di akhir sambutan Humiang menyampaikan dalam momentum kebersamaan ini perlu sampaikan beberapa hal :
1. Tentunya saya patut perlu Berbangga Kepada pemerintah dan masyarakat Kabupaten Minahasa,Yang hingga kini Senantiasa mampu menunjukkan Kontribusi terbaiknya Bagi pembangunan bangsa di daerah ini.
2. Terkait dengan itu saya perlu mengajak Pemerintah dan masyarakat Kabupaten Minahasa,Untuk senantiasa bersinergi Dan mendukung berbagai program kerja pemerintah Provinsi, khususnya Dalam Aktualisasi Program OD-SK Untuk pengentasan kemiskinan serta pembangunan sektor pariwisata di daerah Minahasa ini.
3. Kerja keras dan upaya yang telah kita lakukan bersama Merangkai menaikkan harga kopra di Sulawesi Utara, Hasilnya sangat menggembirakan yakni Harga kopra yang sebelumnya Rp 5000/kg kini menjadi Rp 8000/kg.
4. Untuk itu saya mengucapkan terima kasih kepada masyarakat Minahasa yang senantiasa memberikan dukungan terhadap setiap program pemerintah yang ada.

” Mari kita lebih jauh menjaga kehidupan yang rukun dan damai, serta terus melangka bersama menuju pencapaian pembangunan, demi terwujudnya sulawesi utara dalam berdikari Ekonomi,berdaulat dalam politik dan berkepribadian dan berbudaya. ” Tutupnya.

Tutu hadir  Wakil Ketua Tim Pengerak PKK Kabupaten Minahasa Ibu Marina Dondokambey-Lengkong, SE,  Khadim Letkol Infantri Juberth Nixon Purnama, STh, Ketua Ikatan kekeluargaan Indonesia, Sangihe, Talaud, Sitaro (IKIS), Ketua Panitia Iptu Golfried Abast, mewakili masyarakat adat Minahasa Dr. Nusa Lembong, Jajaran SKPD, Kabag, Para Camat Dan Tamu Undangan. (Rommy)

Related posts

Leave a Comment