TPID Minut Vidcon Bersama Jokowi di Rapat TPID Tingkat Nasional

Minut-Presiden Republik Indonesia (RI) Joko Widodo (Jokowi), membuka rapat Tim Pengendali Inflasi Daerah (TPID) tingkat nasional yang diikuti oleh TPID Kabupaten Minut, via video conference (vicon), di ruang Pjs Bupati Minut, Kamis (22/10/2020).

Pjs Bupati Clay JH Dondokambey SSTP MAP kepada wartawan usai mengikuti rapat tersebut mengungkapkan bahwa Presiden Jokowi banyak memberi arahan terutama bagaimana tetap menjaga ketahanan ekonomi di kala pandemik masih berlangsung.

“Berbagai program sudah dilakukan pemerintah, penguatan-penguatan kelembagaan tetapi juga penguatan ketahanan ekonomi sampai pada masyarakat yang terdampak sudah dilakukan, artinya bagi kami sebenarnya tidak ada alasan lagi baik di masyarakat seperti yang kami sampaikan berada di zona berpangku tangan, saat ini zona bangkit karena penguatan-penguatan sudah diberikan,” terangnya.

Ditambahkannya, lewat Pemerintah Daerah juga stimulan penguatan ekonomi dan pengamanan jaringan sosial juga sudah diberikan.

“Nah menjadi kewajiban penyaluran dan distribusinya tetap dia menjadi dikawal tapi juga TPID yang dibentuk di Kabupaten Minut wajib juga melaksanakan tugas-tugas pokoknya antara lain menjaga distribusi pangan, menjaga kestabilan harga pasar, kemudian tetap melakukan koordinasi dengan sektor-sektor terkait dan itu tetap harus dilakukan,” pungkasnya.

Clay menerangkan, laporan yang diterima dari TPID Kabupaten Minut dibawah kendali Asisten II dan jajarannya, melaporkan bahwa kondisi pertumbuhan ekonomi di Minut sementara masih dalam kondisi yang stabil, walaupun memang kondisi pandemik ini sangat mempengaruhi.

“Tetapi ketersediaan bahan pokok dipantau baik di pasar dan toko juga masih terpenuhi begitu pun fluktuasi harga relatif stabil, kalau pun ada sedikit kenaikkan harga oleh pedagang belum sampai mempengaruhi daya beli dari masyarakat, namun harus tetap dikontrol supaya tetap stabil dan tidak ada riak atau gejala lain yang terjadi di tengah-tengah masyarakat, jadi masih dalam kondisi stabil tetapi motivasi terus diberikan kepada masyarakat,” kuncinya.

Turut mendampingi Pjs Bupati Clay Dondokambey, Asisten II Setdakab Minut Bidang Pembangunan dan Perekonomian, Alan Mingkid, Kadis Pertanian Ir Wangke Sem Karundeng MAP, Kadis Perindustrian Richard T. Sendow , SP, MSi, Kadis Kelautan dan Perikanan Ir Jan Oskar Sinaulan MSi, Kadis PMTSP Jack Paruntu SE, Kadis Perdagangan Benny Mengko dan Kabag Perekonomian. (***)

Related posts