oleh

Tingkatkan Kesejahteraan Masyarakat, Bupati JG Serahkan 109 Sertifikat Tanah di Pulau Mantehage

-Berita, Minut-442 Dilihat

Minut-Bupati Minahasa Utara, Joune Ganda, bersama Wakil Bupati Kevin William Lotulung, menegaskan komitmennya untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat.

Langkah nyata terlihat dengan pemberian 109 Sertifikat Redistribusi Tanah oleh Badan Pertanahan Nasional (BPN) kepada warga Kecamatan Wori di Pulau Mantehage. Jumat, (13/10/2023).

Adapun total penerima, sebanyak 72 orang dari Desa Buhias dan 37 orang dari Desa Bango meraih manfaat dari program redistribusi tanah ini.

Pada kesempatan itu, Bupati Minahasa Utara Joune Ganda melalui Asisten I, Umbase Mayuntu, menyampaikan bahwa program ini dirancang untuk membantu masyarakat dan secara keseluruhan meningkatkan kesejahteraan mereka.

“Ini merupakan tanah negara yang dibagikan pada masyarakat. Tentunya bagi yang mendapat secara resmi sudah memenuhi syarat sehingga mendapat hak milik tanah,” kata Mayuntu.

Selain itu Umbase juga menyampaikan pesan Bupati Joune Ganda kepada pihak BPN, agar jika masih ada peluang untuk masyarakat mendapatkan sertifikat tanah jangan dibatasi.

“Sepanjang ada permohonan pemerintah desa dan memenuhi syarat, kiranya bisa ditambah lagi pemberian sertifikat redistribusi tanah di Pulau Mantehage,” ujarnya.

Sementara itu, Kepala Seksi Pengukuran dan Pemetaan Ronald Dumingan dari BPN menjelaskan bahwa pemberian sertifikat ini merupakan bagian dari program strategis Presiden Jokowi lewat <span;>Bupati Joune Ganda sebagai ketua di Minut dengan mengeluarkan Surat Keputusan (SK).

“Bupati yang memberikan nama-nama kepada BPN sesuai dengan SK untuk ditetapkan sebagai penerima sertifikat ini,” kata Dumingan.

Langkah ini diharapkan dapat membuka pintu lebih lebar bagi masyarakat untuk memperoleh sertifikat redistribusi tanah, mengembangkan potensi ekonomi, dan menciptakan kehidupan yang lebih baik.

Turut hadir dalam acara penyerahan sertifikat, Camat Wori Endru Palandung, Staf Ahli Bupati Bidang Pemerintahan Jofieta Supit, Kadis DLH Marthen Sumampouw, Kadis PMD Frederik Tulengkey, Kumtua Buhias Yonas Beret dan Kumtua Bango Sajowind Manopo beserta perangkat Kecamatan Wori. (***)