oleh

Siswa SMPN 1 Sibar Kampanyekan “Stop Nikah Dini”

Sitaro-Kepala Dinas Pemberdayaan Perempuan, Perlindungan Anak, Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana (DP3AP2KB) kabupaten Sitaro Fabiola Papona SP, membuka kegiatan Kampanye Stop Pernikahan Dini, yang  dilaksanakan di Halaman SMPN I Siau Barat,Jumat (13/10/2023).

Kegiatan yang di gelar oleh DP3AP2KB Sitaro bekerja sama dengan SMP Negeri 1 Siau Barat ini, dalam upaya mencegah perkawinan di usia muda.

Dalam sambutannya, Kepala DP3AP2KB Sitaro Fabiola Papona SP, menyampaikan apresiasi yang luar biasa kepada jajaran SMPN 1 Siau Barat, mengingat maraknya perkawinan usia muda di kalangan anak remaja.

“Penikahan usia dini disebabkan oleh faktor internal yang terdiri dari pendidikan, pengetahuan dan agama, sedangkan faktor eksternal dipengaruhi oleh tingkat pendidikan orang tua, sosial ekonomi keluarga, lingkungan tempat tinggal, kebudayaan, akses informasi dan pergaulan bebas,” Jelas Papona.

Dirinya mengajak dan menghimbau kepada seluruh siswa untuk menggunakan kesempatan belajar dengan baik dalam meraih masa depan yang cerah.

“Jaga diri baik-baik, jangan sampai menyesal di kemudian hari, sebab masa muda itu tidak akan terulang atau kembali lagi,” ujar Papona.

Sementara itu,Kepala SMPN 1 Siau Barat Lian Dame SPd, menyambut baik kegiatan ini dan menyampaikan terima kasih kepada Pemerintah Kabupaten Kepulauan Sitaro.

“Kegiatan ini sangat penting dan positif sehingga perlu didukung oleh seluruh peserta didik,” ujarnya.

Adapun rangkaian kegiatan kampanye tersebut dimulai dari acara pembukaan, lomba yel-yel Stop Pernikahan Dini, berjalan mengelilingi kelurahan Ondong dengan berbagai spanduk Stop Pernikahan dini dan diakhiri dengan sosialisasi. (**/heri)