oleh

Meriahkan HUT Ke 10 Morut, Bupati Delis Buka Lomba Katinting Race Dan Dragon Boat

Morut-Lomba Katinting Race dan Dragon Boat tingkat lokal dalam rangka memeriahkan HUT ke-10 Kabupaten Morowali Utara (Morut), resmi dimulai, Jumat (12/10/2023).

Lomba yang berlangsung di sekitar pelabuhan Kolonodale, dibuka seacara langsung Bupati Morut, Dr dr Delis Julkarson Hehi MARS.

Perairan ini dikenal pula sebagai kawasan wisata Teluk Tomori.

Peminat perlombaan ini cukup tinggi. Katinting Race diikuti 57 peserta dan dragon boat sebanyak 10 tim. Sebagian besar peserta merupakan warga desa di pesisir Teluk Tomori.

Kordinator Panitia Lomba, Muh Ridho Hamzah, menjelaskan, tim pemenang dragon boat tingkat lokal ini nantinya, secara otomatis akan mewakili Morut dalam lomba tingkat nasional yang akan berlangsung di tempat yang sama pada Senin (16/10/2023).

Sementara itu, Bupati Delis, menyatakan, kawasan Teluk Tomori sangat strategis dan menarik. Selain sebagai kawasan wisata juga sebagai pusat pelatihan dan pembinaan atlet dayung.

Bupati Delis, sudah berkordinasi dengan pengurus PODSI (Persatuan Olahraga Dayung Seluruh Indonesia) Provinsi Sulteng, agar rencana ini bisa terlaksana secepatnya.

“Kita punya bibit pedayung. Buktinya bisa meraih emas pada Porprov dan pra-PON beberapa waktu lalu. Ini putra-putri lokal dari Morut, bukan impor dari luar,” katanya.

Pada kesempatan tersebut, Bupati Delis, menghimbau kepada masyarakat dan pedagang di kawasan pelabuhan, untuk menjaga kebersihan. Tidak perlu diminta, namun dengan kesadaran sendiri bisa menjaga kebersihan.

“Kedepan kita akan menjadikan kawasan ini, sebagai pusat olahraga air (water sport). Tapi kalau laut ini jadi tempat pembuangan sampah, maka keindahan Teluk Tomori akan tercemar,” ungkap orang nomor satu diMorut itu. (Hms /NAL)