oleh

Sensus Pertanian 2023, Bupati JG Imbau Masyarakat Minut Berikan Data Yang Benar

-Berita, Minut-899 Dilihat

Minut-Badan Pusat Statistik (BPS) telah memulai pelaksanaan Sensus Pertanian 2023 (ST2023) di Kabupaten Minahasa Utara.

Kegiatan ini bertujuan untuk mencatat dan mendata secara komprehensif sektor pertanian di wilayah tersebut mulai Juni hingga 31 Juli 2023.

Sensus pertanian ini dimulai dengan pendataan di kediaman Bupati Minahasa Utara, Joune  Ganda, di Telaga Rae, hal tersebut meliputi sektor pertanian, hortikultura, perikanan, peternakan, kehutanan, dan jasa pertanian. Selasa, (11/07/2023).

ST2023 memiliki harapan besar untuk menghasilkan data yang lebih akurat dibandingkan dengan sensus sebelumnya. Selain itu, sensus pertanian ini juga bertujuan untuk menangkap isu-isu strategis dalam pertanian nasional, seperti urban farming, petani milenial, dan adopsi teknologi pertanian.

Bupati Joune Ganda menekankan pentingnya partisipasi masyarakat dalam sensus pertanian ini.

“Pemerintah Kabupaten Minahasa Utara mengajak seluruh masyarakat untuk menyambut petugas sensus pertanian dengan baik dan memberikan jawaban yang jujur, sehingga data yang dihasilkan akan akurat,” ujarnya.

Dalam pendataan sensus pertanian ini, hadir pula Kepala BPS Kab. Minut, Carlos E. Siburian, SST, M.Si., Ketua Tim ST2023, Olha M. Kaparang, SE, Instruktur Daerah ST2023 Insan Riski Dwi Perdana, S. Tr. Stat, dan Kepala Dinas Pertanian Minut, Ir. Wangke Karundeng. (***)