oleh

Rakernas Apkasi Ke-XV, Bupati Delis Sampaikan Keluhan Morut Ke Menteri Luhut

Banten-Dihadapan para Bupati se-Indonesia Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi RI, Luhut Binsar Panjaitan, menyampaikan materi tentang hilirisasi Industri untuk meningkatkan daya saing daerah, dalam forum Rakernas Asosiasi Pemerintah Kabupaten Seluruh Indonesia (Apkasi) Ke – XV di Nusantara Hall ICE BSD, Kabupaten Tangerang, Provinsi Banten, Kamis (20/07/2023).

Pada Rakernas tersebut, Bupati Morowali Utara (Morut) Dr dr Delis Julkarson Hehi MARS, dipercayakan menjadi moderator sekaligus berbagi pengalaman dengan Menteri Luhut.

Kesempatan ini, digunakan dengan baik Bupati Delis, untuk menyampaikan keluhan-keluhan daerah di tengah hilirisasi industri yang masive terjadi di Kabupaten Morut, antara lain persoalan infrastruktur jalan, serta energi yang belum sesuai dengan harapan masyarakat di bumi tepo asa aroa tercinta.

Kegiatan yang dibuka langsung oleh Wakil Presiden (Wapres) RI, Mar’uf Amin ini, mengusung tema “Kesiapan Daerah dalam Menghadapi Pemilu Serentak Tahun 2024”.

Selain Rakernas, panitia juga menggelar pameran APKASI Otonomi Expo (AOE) diikuti oleh Pemkab, selaku anggota Apkasi yang menampilkan potensi komoditas unggul dan peluang investasi daerah.

Salah satu fokus pembahasan Rakernas Apkasi XV ini, adalah upaya Pemda, untuk mencari sumber pendapatan, selain penambahan dana dari pusat melalui DAU dan DAK, salah satunya adalah melalui perdagangan dan investasi. (Hms/NAL)