oleh

Hadiri Rakernas Ke-XV APKASI dan Otonomi Expo 2023, Bupati JG Jalin Komunikasi Erat Dengan Pemerintah Pusat dan Para Investor

Jakarta-Bupati Minahasa Utara, Joune Ganda menghadiri pembukaan RAKERNAS XV Asosiasi Pemerintah Kabupaten Seluruh Indonesia (APKASI) yang digelar bersama Otonomi Expo (AEO) 2023 di Nusantara Hall, ICE BSD. Kamis (20/07/2023).

Kegiatan tahunan Apkasi ini dibuka  Wakil Presiden RI, Prof. Ma’ruf Amin dan turut dihadiri Menteri Dalam Negeri Tito Karnavian, Menteri Koperasi dan Usaha Kecil dan Menengah, Drs. Teten Masduki, Ketua Umum APKASI, Sutan Riska Tuanku Kerajaan beserta pengurus, pengurus asosiasi, duta besar dan perwakilan negara sahabat serta Pejabat pemerintahan pusat yang terundang.

Agenda tersebut bertujuan untuk menampilkan potensi komoditas unggulan dan peluang investasi. Khusus pemerintah kabupaten menampilkan potensi komoditas unggulan dan peluang investasi yang ada di masing-masing daerah.

Wakil Presiden RI, Prof. Ma’ruf Amin menyampaikan apresiasi kepada pemerintah Kabupaten Se-Indonesia yang telah melahirkan ide-ide inovatif, kreatif, dan terobosan dalam percepatan pembangunan dan peningkatan pelayanan publik, termasuk dalam mempercepat penurunan angka stunting di daerah.

Dalam sambutannya, Wapres juga berpesan kepada pemerintah Kabupaten untuk terus meningkatkan gagasan, dan langkah inovatif baik pada tatanan kebijakan maupun penggunaan anggaran yang tepat guna untuk mendorong pertumbuhan ekonomi daerah yang inklusif dan berkelanjutan.

Usai mengikuti seromonial Rakernas, Bupati Joune Ganda meninjau langsung Stand pameran produksi UMKM Kabupaten Minahasa Utara didampingi Kadis Pariwisata dan putri Otonomi Indonesia 2023 asal Minut Elsyah Gabriell.

Pada kesempatan itu Bupati JG mengatakan, rakernas tersebut membahas banyak hal termasuk persiapan menyambut Pemilu 2024.

“Jadi pemerintah kabupaten dan Kota dimintakan oleh pak Mendagri Tito Karnavian untuk mensukseskan Pemilu 2024 dengan mengalokasikan anggaran untuk KPU dan Bawaslu,” katanya

Selain itu Bupati JG mengatakan, dalam kegiatan tersebut juga dilaksanakan APKASI Otonomi Expo (AEO) 2023 yang merupakan ajang untuk memperkenalkan masing-masing produk UMKM  dan potensi hasil alam kabupaten yang ada.

“Pada ajang ini Minut memperkenalkan produk-produk yang  UMKM yang kita termasuk dibinaan  Dekranasda. Kesempatan ini kami manfaatkan untuk menggaet dan mencari peluang dengan para investor agar mau  berinvestasi di Kabupaten Minut”, ungkapnya.

Ia pun menuturkan, terkait ajang pameran ini untuk memamerkan hasil produksi pelaku UMKM baik itu kerajinan maupun makanan ringan serta cindramata.

“Kita berharap upaya promosi pada pameran ini mendapat respon para investor yang datang ke ajang pameran ini”, kata Joune Ganda.

Lebih jauh Joune Ganda menjelaskan, dengan ikut serta dalam pameran yang dihadari seluruh anggota APKASI se-Indonesia, maka hal itu akan menjadi satu peluang bagi para pelaku UMKM untuk meningkatkan usahanya.

“Jika produksi UMKM meningkat, hal itu akan berdampak pada peningkatkan ekonomi rakyat termasuk semakin membuka lapangan kerja bagi masyarakat di Kabupaten Minahasa Utara” tegas Bupati Joune Ganda yang juga sebagai ketua bidang Hukum dan Politik Apkasi.

Menariknya, stand pameran Pemkab Minut yang dipantau langsung oleh Bupati Joune Ganda itu, didatangi oleh Mendagri Tito Karnavian dan Ketua KPK RI Firli Bahuri.

Kedua pejabat negara yang pensiunan Jenderal Polisi itu, terlibat  perbincangan akrab dan serius dengan Bupati Joune Ganda terkait produksi UMKM Minut berupa kerajinan Batok kelapa dan soal Destinasi Pariwisata Super Prioritas (DPSP) Likupang.

Usai pembukan Rakernas, Bupati Minut berfoto bersama dengan ketum Apkasi Sutan Riska Tuanku Kerajaan serta sejumlah kepala daerah anggota Apkasi, diantarannya Bupati Bogor dan Bupati Poso. (***)