oleh

Polda Sulteng Turunkan Helikopter Jemput Surat Suara, Di TPS Dusun Watu Bamba

Morut – Tercatat dari 443 Tempat Pemungutan Suara (TPS) di Kabupaten Morowali Utara ( Morut), salah satunya adalah TPS 5 di Dusun Watu Bamba, Desa Taronggo Kecamatan Bungku Utara, Kabupaten Morut,

menjadi TPS dengan lokasi medan cukup sulit dijangkau.

TPS 5 tersebut berjarak sekitar 70 km dari Desa Baturube Ibu Kota Kecamatan Bungku Utara, yang hanya bisa dilalui dengan berjalan kaki selama kurang lebih, tiga hari tiga malam.

Situasi ini membuat pendistribusian kotak suara harus dilakukan dengan susah payah. Mereka harus berjalan kaki sejauh 70 km selama tiga hari tiga malam dengan melintasi tebing gunung bebatuan, menyusuri delapan sungai besar dan belasan anak sungai ditambah lagi cuaca hujan.

Hal tersebut membuat pemungutan suara yang harusnya dilaksanakan Rabu 14 Pebruari 2024 harus ditunda.
Pemungutan suara baru bisa dilaksanakan Jumat 16 Pebruari 2024.

“Pemungutan suara di TPS 5 Dusun Watu Bamba Desa Taronggo Kecamatan Bungku Utara harus ditunda, akibat keterlambatan pendistribusian logistik surat suara, diakibatkan karena jarak tempuh sangat jauh, yang harus dilalui dengan berjalan kaki. Jalur yang dilewati pun cukup ektrim, ” ungkap Kapolres Morut, AKBP Imam Wijayanto, SIK MH, Sabtu (17/02/2024).

Salah satu Personil Polres dan satu orang warga tidak dapat melanjutkan perjalanan untuk mendistribusikan surat suara akibat mengalami cedera.

” Salah satu dari dua anggota kami yang melakukan pengawalan, mengalami cedera pada kaki saat mengawal kotak suara. Anggota kami tersebut tergelincir saat melalui jalan yang ekstrim, akibat cuaca hujan. Sementara satu warga mengalami sakit pada kaki karena kelelahan, sehingga keduanya tidak bisa melanjutkan perjalanan dan harus mendapatkan pertolongan, ” jelasnya.

Sebelumnya telah dilaksanakan pemungutan suara di TPS 5 Watu Bamba dan saat ini surat suara telah dijemput dengan menggunakan satu unit Helikopter jenis Bell 439 /P-302, bantuan dari Polda Sulteng, yang mendarat dengan selamat di
lapangan Ibu Kota Kecamatan Bungku Utara, kemudian diteruskan ke PPK Bungku Utara, ” kata Kapolres Imam.

Terpisah, Kabidhumas Polda Sulteng, Kombes Pol Djoko Wienartono, menjelaskan, pemberian bantuan berupa satu Helikopter jenis Bell 429/P-302, untuk mempercepat pengiriman surat suara dari PPS menuju PPK.

Ia mengatakan, TPS Dusun Watu Bamba Desa Taronggo Kecamatan Bungku Utara ini, merupakan salah satu TPS yang melaksanakan Pemungutan Suara Susulan (PSS), dikarenakan keterlambatan logistik.

“Polda Sulteng dan Polres jajarannya akan terus berkomitmen membantu, apabila ada kendala dilapangan yang dapat menghambat pelaksanaan Pemilu 2024, sehingga seluruh proses tahapan yang ada, bisa berlangsung dengan aman dan lancar, ” terangnya. ( *)