Pimpin Rapat Secara Virtual Sikapi Status Bitung Masuk Zona Merah, Maurits Minta Fokus

Bitung, Redaksisulut – Dengan bergantinya status zona merah, Wali Kota Bitung, Ir. Maurits Mantiri, MM pimpin langsung rapat koordinasi satgas Covid-19. Kamis, (22/7/2021).

Dalam rapat yang dilaksanakan secara virtual, Maurits menegaskan bahwa Sekda dan satgas Covid-19 harus benar-benar fokus dalam pelaksanaan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) mikro pada saat ini.

“Saat ini kita harus pastikan metode apa yang akan dilakukan dalam proses penanganan pada zona merah. Untuk mengetahuinya maka kita perlu data yang valid mulai dari RT. Karena PPKM fokusnya di RT dimana mensosialisasikan apa itu arti zona merah kepada masyarakat dan diikuti dengan pelaksanaan PPKM yang tegas dan tidak ada tawar menawar lagi namun harus tetap humanis”. Katanya.

Dirinya juga menyampaikan bahwa, untuk wilayah yang melakukan PPKM harus jelas dengan memasang spanduk dan palang serta posko yang dilengkapi petugas berseragam (Satgas, Babinsa, Babinkamtibmas) agar masyarakat bisa mengetahui kalau itu berada dalam zona merah.

“Sekali lagi, saya ingatkan data update perkembangan, karena itu menjadi kunci bagaimana kita harus mengambil langkah agar bisa tau jelas mana hulu dan mana hilir”. Kata Maurits.

Lanjutnya bahwa, untuk Para camat dan lurah setiap hari harus pantau terus perkembangan dilapangan dan berkoordinasi dengan Dinkes dan BPBD termasuk jumlah masyarakat terpapar dan pelaku Isoman baik di rumah maupun yang berada di rumah singgah agar semua bisa mendapatkan pelayanan dengan baik.

“Khusus untuk kantor pemkot segera lakukan pola 75 persen Work From Home (WFH) dan untuk Satpol PP tingkatkan pelaksanaan operasi yustisi Prokes serta di lapangan berkoordinasi dengan TNI dan Polri untuk melakukan operasi gabungan”. Katanya seraya menambahkan bahwa Kalau perlu surat untuk penegasan kepada masyarakat segera buatkan dan sosialisasikan. Kita tidak boleh main-main dengan kondisi seperti ini.

Adapun langkah-langkah yang diambil untuk menekan kasus Covid-19 yakni :

1. Melakukan sweeping Prokes dan pemeriksaan melalui rapid antigen di tempat-tempat yamg berpotensi.

2. Akan berkoordinasi dengan pihak otoritas pelabuhan untuk tidak mengijinkan para ABK kapal yang berasal dari luar sulut untuk turun ke darat.

3. Melakukan test antigen bagi seluruh penumpang kapal yang masuk ke Kota Bitung.

4. Polres Bitung mempersiapkan 90 personil untuk membackup Pemkot dalam pelaksanaan operasi yustisi Prokes.

Turut hadir dalam rapat koordinasi, Wakil Wali Kota Bitung, Hengky Honandar, SE, Unsur Forkopimda, Sekda, Para Asisten, Ketu BKSAUA, Para Camat dan Lurah. (Wesly)

Related posts