Pengurus TP PKK Kota Bitung Dilantik, Ini Harapan Walikota Maurits Mantiri

Bitung – Ny. Rita Mantiri Tangkudung dan Ny. Ellen Honandar Sondakh resmi dilantik sebagai Pengurus TP PKK Kota Bitung masa bhakti 2021-2026.

Pelantikan tersebut dalam rangka Peringatan Hari Kesatuan Gerak (HKG) TP PKK ke 49,di rangkaikan Rapat Kerja Daerah (Rakerda) PKK tahun 2021. Bertempat di Ruangan BPU Kantor Wali Kota, Senin (31/05/2021).

Pelantikan dilakukan Wali Kota Bitung Maurits Mantiri disaksikan Wakil Wali Kota Bitung Hengky Honandar dan di hadiri Sekretaris Daerah Kota Bitung Audy Pangemanan dan mantan Ketua TP PKK Kota Bitung, Ny Josephine Sondakh Taroreh serta sejumlah kepala perangkat daerah.

Dalam sambutannya, Ibu Rita yang membacakan sambutan Ketua Ketua Umum PKK Ny Tri Tito Karnavian menyampaikan, Hari Kesatuan Gerak PKK merupakan salah satu momentum yang sangat mendasar, serta memiliki arti penting dan strategis dalam implementasi sepuluh Program Pokok PKK.

” Memasuki tahun ke-49, saat ini gerakan PKK semakin berkembang dengan program-programnya yang turut menjadi solusi permasalahan bangsa. Sejak merebaknya pandemi Covid-19, kader PKK telah aktif melakukan kampanye protokol kesehatan dengan gerakan 3M (Memakai Masker, Mencuci tangan, Menjaga Jarak), serta 3T (Testing, dan Tracing Treatment).” Ujar Rita.

Dikataknnya, pelopor perubahan memberi makna bahwa PKK dalam hal ini Tim Penggerak dan Kader di seluruh pelosok nusantara, hendaknya tahu, mau dan mampu menjadi garda terdepan dalam mewujudkan keluarga berkualitas dalam aspek moral, pendidikan, kesehatan, sosial budaya, ekonomi, dan lingkungan hidup.

“Saat ini Gerakan PKK semakin berkembang dengan program-programnya yang turut menjadi solusi permasalahan bangsa,” katanya.

Makna lainnya bahwa gerakan PKK bukan semata menempatkan keluarga sebagai obyek atau sasaran program pemerintah, akan tetapi gerakan PKK adalah gerakan yang mampu menginisiasi keluarga-keluarga Indonesia melakukan perubahan menuju kehidupan masyarakat yang lebih baik sebagaimana tujuan pembangunan nasional.

“Pemberian bantuan makanan bergizi bagi masyarakat terdampak pandemi covid-19 serta Gebrak Masker yang dilakukan sejak awal pandemi hingga saat ini adalah salah satu bentuk peran aktif PKK,” Ujarnya.

Bahkan Rita menyampaikan, berdasarkan hasil olah data laporan yang disampaikan oleh TP PKK Provinsi, telah terdistribusi ± 41, 3 juta masker yang tersebar di seluruh provinsi dan telah dilakukan Testing berupa rapid/swab test gratis kepada 51.850 orang peserta pada Peringatan Hari Ibu Tahun 2020.

“Saya yakin, masih banyak yang sudah dilakukan oleh para Kader PKK di tingkat Kelurahan namun belum semua dilaporkan. Untuk itu saya ucapkan terima kasih atas peran serta bapak/ibu sekalian,” katanya.

Wali kota Bitung  Maurits Mantiri  didampingi Wakil Wali kota Hengky Honandar  mengatakan, mengajak TP PKK bersama pemerintah, TNII, Polri an masyarakat serta semua elemen, bergandengan tangan berupaya agar bisa lolos dari pertarungan dengan covid 19 yang tidak terlihat.

“Tantangan terbesar di tengah kehidupan, beraktifitas dalam kehidupan masing-masing. Berharap ini perjuangan dan tantangan bersama ciptakan strategi buat program jawab tantangan menghadapi covid-19,” kata  Maurits Mantiri  didampingi  Hengky Honandar.

Setelah itu ketua TP PKK Ny Rita Mantiri Tangkudung dan sekretaris I Ny Ellen Honandar Sondakh, membagikan potongan kue dan gudyback ke sejumlah istri-istri jajaran forkopimda. Potongan kue ke wali kota, wakil wali kota, sekda kota Bitung dan tiga orang penasehat.

Adapun susunan pengurus TP PKK Kota Bitung masa bhakti 2021-2026;

Ketua, Ny Rita Mantiri Tangkudung.
Sekretaris I, Ny Ellen Honandar Sondakh.
Bendahara, Ny Jeine Tangkudung Woran.  (Wesly/ ADVETORIAL)

Related posts