Pemkab Mitra Gelar Rapat Pemutakhiran Data Pengawasan

Ratahan – Inspektorat Kabupaten Minahasa Tenggara (Mitra) melaksanakan Rapat Pemutahiran Data Pengawasan di lingkup Pemkab Mitra yang di buka secara resmi oleh sekretaris daerah Drs. Robby Ngongoloy ME MSi, bertempat di Aula Sport Hall Kantor Bupati Minahasa Tenggara, Senin (04/03/2019).

Hal itu di laksanakan untuk menindaklanjuti pemeriksaan dari BPK -RI Propinsi Sulawesi Utara dan Badan pengawas Keuangan dan Pembangunan (BPKP) maka ada tanggung jawab dari perangkat daerah yang harus diselesaikan dalam hal ini menindaklajuti temuan dan pengawasan serta mengevaluasi sejauh mana tindak lanjut yang dilaksanakan oleh perangkat daerah sehingga kegiatan pemutahiran ini dilaksanakan.

Bupati Mianahasa Tenggara James Sumendap SH, dalam sambutannya yang di bacakan oleh Sekretaris Daerah Drs. Robby Ngongoloy ME Msi mengatakan bahwa di tahun 2018 pemkab Mitra sudah melakukan MOU dengan penegak hukum dan ini bukan hanya jawaban perintah perundang-undangan, tapi lebih lagi adalah komitmen dalam penyelenggaraan pemerintah dan pembangunan di Minahsa Tenggara yang secara bersama-sama kita laksanakan secara transpran dan bebas dari.praktek-praktek korupsi.

Lanjut Ngongoloy bahwa pemutahiran data ini merupakan pengingat sejauh mana tindak lanjut yang sudah dilaksanakan oleh perangkat daerah dengan harapan ada perhatian yang lebih dari kepala perangkat daerah dalam penyelesaian tindak.lanjut ini karena dari hasil lapiran inapektorat bahwa dari tahun 2008-2017 kurang lebih senilai 35.265.000.000 tuntutan ganti rugi yang di bebankan aparatur sipil negara ASN dan pihak ketiga ini bukan nilai yang sedikit belum lagi temuan-temuan yang bersifat adminiatratif.

“Hal ini tidak sunkan-sungkan akan dilaporkan kepada pihak yang berwajib bagi aparat pemerintah yang Nakal dalam pengeloaan keuangan,” tandas Ngongoloy.

Inspektorat Kabupaten Minahaaa Tenggara Robert Rigahang SE dalam sambutannya mengatakan bahwa kegiatan ini bertujuan untuk meningkatkan transparansi dalam pengolaan keuangan serta mempertahankan WTP yang sudah ketiga kali berturut-turut.

Turut hadir dalam kegiatan pemutahiran data ini yaitu Asisten Satu Drs. Godlieb Mamahit, Asisten III Drs.Pieter Owu ME, Kepala SKPD serta Camat se Kabupaten Minahasa Tenggara . (Nal)

Related posts

Leave a Comment