Pemkab Minut Bangun Sinergitas Dengan Unima, Prof. Katuuk Sepakati MOU

Minut-Untuk menunjang Program kerja Pemerintah Kabupaten Minahasa Utara, Pjs Bupati Clay Dondokambey menggelar penandatanganan Memorandum of Understanding dengan Universitas Negeri Manado (Unima) di Ruang pertemuan Kantor Bupati Minut. Rabu, 14/10/2020.

Pertemuan tersebut di hadiri Rektor Unima Prof. Dr. Deitje A. Katuuk M.P, Guru Besar, jajaran Dekan Unima serta seluruh jajaran Pemkab Minut.

Adapun kegiatan yang digagas Pemkab Minut tersebut bertujuan untuk menunjang program Pemerintah Kabupaten Minahasa Utara. Menurut Pjs Bupati Minut Clay Dondokambey, hal ini dinilai penting. Karena untuk membangun daerah, kita butuh pemikiran-pemikiran dari akademisi untuk dapat bekerjasama dengan pemerintah guna memberikan sumbang saran, pemikiran dan pendampingan.

“Terima kasih kepada Universitas Negeri Manado hadir Langsung Ibu Rektor membawa seluruh jajaran dekan dan begitu banyak guru besar. Kita bersama-sama boleh mengadakan MOU, tapi langsung ditindaklanjuti dengan MOA dengan para Perangkat Daerah kita.

Artinya kita membuka kerjasama dengan Unima, dalam kaitan sebagai lembaga tinggi, lembaga pendidikan tinggi akan memberikan banyak sekali Sumbang saran Sumbang pikiran, bahkan pendampingan kepada pemerintah Kabupaten Minahasa Utara” ujar Dondokambey saat wawancara usai kegiatan.

Ditambahkannya, kesepakatan kerjasama dengan Unima dalam MOU sampai 5 tahun kedepan dan Clay berharap kepada  jajaran Pemkab Minut agar dapat berkolaborasi dalam program kegiatan yang akan ditetapkan nanti.

“Dalam kita melaksanakan program kerja pada tahun-tahun ke depan. Kita MOUnya sampai dengan 5 tahun ke depan”, kata Dondokambey.

“Dan harapan saya kepada jajaran perangkat daerah, ini kemudian dapat di kolaborasi ke dalam program kegiatan yang akan ditetapkan nanti ketika akan direncanakan dalam Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) tahun 2021, artinya Sumbang saran dan kajian-kajian yang akan diberikan oleh Unima termasuk pendampingan dan pengabdian kepada masyarakat. Ini kita manfaatkan karena organisasi yang baik itu, organisasi yang menerima masukan dan pertimbangan serta kajian dari luar, itu organisasi yang sehat. Kita ini organisasi besar, Pemerintah Kabupaten sangat butuh pemikiran-pemikiran dari para akademisi dan lembaga pendidikan tinggi, yang memang mereka mempelajari menganalisa kemudian memberikan kontribusi kepada pemerintah daerah untuk pembangunan ke depan. Apalagi kita tahu minut, daerah yang sangat berkembang dengan segala potensi, biasanya kita dalam rumah kita melihat dalam skop kecil, tetapi dengan adanya kerjasama dengan unima ini, istilahnya dari outsider pemerintah dapat memberikan mereka melihat lebih luas dengan sudut pandang yang lebih luas seperti itu“, jelasnya.

Senada dengan Pjs Bupati Dondokambey, Direktur Unima Prof. Dr. Deitje A. Katuuk M.P mengatakan, dirinya berterima kasih kepada Pemkab Minut yang telah melaksanakan kegiatan ini, dimana dengan dilakukannya MOU langsung dengan MOA maka Unima dan pemerintah  akan bersinergi dalam membangun Minahasa Utara.

Terima kasih kami juga menyampaikan kepada pemerintah Kabupaten Minahasa Utara yang sudah bersedia untuk menjalin kerjasama, dan tadi kita sudah MOU dan juga MOA dalam arti kita akan sampai pada tindakan bahkan juga action nanti implementasi daripada MOU yang kita lakukan, yaitu dalam bidang Tri Dharma perguruan tinggi, baik dalam pendidikan, pengajaran, dalam penelitian dan pengabdian masyarakat. Lebih khusus juga kami berterimakasih  karena kami diberi wadah nanti, bagi kami mungkin ada kita punya pemikiran pemikiran kita punya SDM untuk bersama membangun secara sinergitas antara Pemerintah Kabupaten Minahasa Utara bahkan juga pemerintah Sulawesi Utara. kami sangat konsen untuk kami bersama membangun daerah yang kita cintai ini, dengan kita bersama dalam membangun memberi pemikiran-pemikiran, bahkan juga melakukan riset-riset, bahkan juga implementasi dalam pengabdian kepada masyarakat”, ungkap Katuuk. (T3)

Related posts