Pemkab Minahasa Gelar Rakorev Optimalisasi PAD

Tondano – Pemkab Minahasa gelar Rapat Koordinasi dan Evaluasi dalam Rangka Optimalisasi Pendapatan Asli Daerah (PAD)di Kabupaten Minahasa, bertempat di Ruang Sidang Kantor Bupati Minahasa,Jumat (29/11/2019).

Dihadiri Wakil Bupati Minahasa Robby Dondokambey, SSi, Asisten Pemerintahan dan Kesra Sekdakab Minahasa DR. Denny Mangala, MSi, Inspektur Daerah Kabupaten Minahasa Ir. Alva Montong, Kepala Badan Pengelola Pajak dan Retribusi Daerah Joudy Kapoyos, SH, MAP, Para Kepala Organisasi Perangkat Daerah dan Camat se-Kabupaten Minahasa.

Dalam sambutannya Wakil Bupati Minahasa Robby Dondokambey, SSI menyampaikan rapat koordinasi dan evaluasi ini dilaksanakan oleh pemerintah Minahasa sebagai salah satu upaya membantu aparatur guna memahami arti dan makna dari pada realisasi penerimaan asli daerah dalam penyelenggaraan pemerintahan dan pembangunan di Kabupaten Minahasa.

” Peningkatan pendapatan asli daerah merupakan salah satu Penunjang program prioritas pembangunan Kabupaten Minahasa,” ujar Wabu RD.

Diharapkan rapat ini dapat memberikan gambaran kepada kita sejauh mana upaya kita di dalam penerimaan dari sektor pendapatan asli daerah (PAD).

Lanjut Bupati RD, Pendapatan Asli Daerah tidak hanya sebagai salah satu penentu keberhasilan pemerintah untuk mencapai visi dan misi dalam penyelenggaraan pemerintahan dan pembangunan yang menjadi tanggung jawab, tetapi juga berfungsi sebagai alat alokasi, distribusi dan stabilisasi.

“Sebagai alat alokasi pendapatan daerah berperan penyediaan sumber ekonomi yang dibutukan dalam meningkatkan kesejahteraan masyarakat melalui sistem perpajakan yang dibebankan kepada masyarakat, di mana pemanfaatannya nanti harus dilakukan secara proporsional dan efisien sesuai kebijakan daerah.”Ujarnya.

Lebih lanjut Wakil Bupati RD menyampaikan apresiasi, ucapan terima kasih dan penghargaan yang setinggi tingginya kepada para kepala organisasi perangkat daerah pengelola PAD Dan juga para Camat yang telah bekerja dengan sungguh sungguh demi terealisasinya penerimaan pendapatan asli daerah (PAD) Dan hal ini merupakan salah satu Barometer di dalam penilaian kinerja.

“Dalam menciptakan sistem pengelolaan pendapatan daerah yang efektif efisien transparansi dan akuntabilitas, maka diperlukan aparatur pengelola yang Terampil dan handal yang mampu menjawab tantangan sistem Menejemen pendapatan daerah, serta dapat mengoptimalkan segenap kemampuan dalam pengelolaan potensi potensi pendapatan daerah yang ada demi peningkatan dan pelayanan kesejahteraan kepada masyarakat.” ucapnya.

Di Akhir Sambutan Wakil Bupati Minahasa menyampaikan terima kasih kepada para Camat di mana data yang ada pada Badan Pengelola Pajak dan Retribusi Daerah Kabupaten Minahasa, penerimaan pada sektor PBB-P2 terjadi peningkatan yang cukup signifikan bila dibandingkan dengan tahun yang lalu.  (Ronny Rantung).

Related posts

Leave a Comment