Pantau Vaksinasi Covid-19 Bagi Lansia, Bupati Delis Ingatkan Honor Nakes Jangan “Disunat”

MORUT – Bupati Morowali Utara Dr.dr Delis Julkarson Hehi,MARS, menyaksikan kegiatan pemberian vaksinasi Covid-19 para lanjut usia (lansia) yang berlangsung di Petumbea, Kecamatan Lembo Raya. Sabtu (8/5/2021).

Sebanyak 40 lansia terima vaksin dari dua Desa, yaitu desa Petumbea dan desa Ronta mengikuti vaksinasi yang pertama kali digelar di Puskesmas yang dipimpin Nova Rense,SKM.

Sebelum vaksinasi dimulai, para petugas memberikan penyuluhan mengenai pentingnya  vaksinasi serta menjalankan prosedur dan prasarat seseorang mengikuti penyuntikan vaksin seperti pemeriksaan Kesehatan.

Bupati Morut Delis J. Hehi dalam arahan singkatnya mengemukakan bahwa kebanggaan Pemda adalah bila memberikan pelayanan yang maksimal, cepat dan berkualitas kepada masyarakat.

“Dalam perencanaan program dan pembiayaan ke depan, harus dipastikan bahwa ridak ada lagi warga yang tidak bisa mendapatkan pelayanan Kesehatan karena alasan tidak ada biaya,” Ujar Bupati Delis.

Semua warga,kata Bupati Delis yang didampingi ketua penggerak PKK Febriyanti Hongkiriwang, harus sudah tercover BPJS Kesehatan pada 2022.

“Untuk pelayanan Kesehatan yang berkualitas ini, harus dipastikan pula bahwa seluruh fasilitas Kesehatan hingga ketingkat Desa memiliki sarpas pelayanan dasar Kesehatan. “Ucap Bupati Morut.

Sedangkan untuk SDM Kesehatan, Bupati Delis menegaskan akan melakukan redistribusi tenaga Kesehatan untuk pemerataan, karena bantak Desa lain kekurangan bahkan tidak memiliki, tenaga kerja (nakes).

“Hingga segera dipastikan bahwa tidak ada lagi Desa yang tidak memiliki tenaga Kesehatan,” kata Bupati Delis.

Ia juga menegaskan hal-hal tenaga Kesehatan seperti honor harus dibayarkan penuh, jangan ada pemotongan karena mereka adalah garda terdepan pelayanan kesehatan.

“Kalau masih ada lagi pemotongan, lapor  sama saya, ” ujar Bupati Delis yang disambut tepuk tangan jajaran petugas Puskesmas Petumbea.

Terkait vaksinasi, Bupati Delis dengan bahasa Derah Towatu mengingat masyarakat, khususnya lansia bahwa meski sudah divaksinasi, jangan lengah menerapkan protokol Kesehatan yang menggunakan masker, rajin mencuci tangan dengan sabun dan menjaga jarak.

Turut hadir Ketua DPRD Morut, Kapolres Morut, Dandim Morowalu, Kadiskes Morut, kadis Kependudukan,KB dan Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak, seta Camat Lembo Raya ini.(Johnny)

Related posts