Pameran Legislatif Sulut Go EXPO Tahun 2020 Resmi Ditutup

Manado – Pameran Legislatif Sulut Go EXPO Tahun 2020 resmi ditutup. Kegiatan yang dilaksanakan di Mantos 3 Manado selama tanggal 3 hingga 6 Maret tersebut dihadiri langsung seluruh Anggota Legislatif. Penutupan berlangsung di Mantos, Jumat (6/3) kemarin.

Mengawali sambutan direktur Legislatif expo ini mengatakan event ini menjadi wadah sosialisasi bagi kalangan legislatif terhadap berbagai program dan kegiatan masing-masing daerah. Lebih dari itu, penyelenggaraan Expo tahunan ini dapat mendukung pertukaran ide dan gagasan terkait pelaksanaan tugas dan tanggung jawab lembaga legislatif.

“Kegiatan ini adalah kegiatan tahunan yang sudah diselenggarakan delapan tahun terkahir, dan saat ini ada ketambahan peserta misalnya dari Gorontalo walaupun dari Sulawesi Utara sendiri tidak lengkap”, ujar Janny Kopalit selaku Direktur Penyelenggara Legilslatif SulutGo Expo 2020.

Lanjutnya, Kopalit menyampaikan bahwa pada tahun ini ada peningkatan yang cukup besar dari hal kehadiran dari Pimpinan dan Anggota DPRD peserta kegiatan.

“Tahun ini ada peningkatan yang cukup besar, dan ini yang paling terutama yaitu dari segi keterlibatan dan kehadiran Pimpinan dan Anggota dewan. Jadi hampir setiap kegiatan itu 70-80 persen mereka mengambil bagian. Ini sangat baik, karena dengan hadirnya mereka maka stand-stand mereka itu ada manfaatnya. Manfaatnya mereka bisa berbaur dan bertemu langsung dengan masyarakat”, ungkap Kopalit.

Ia juga menambahkan bahwa kehadiran para Anggota Dewan ini bisa menyampaikan kepublik bagaimana tugas dan tanggung jawab Legislatif itu.

“Dengan kehadiran mereka dapat memberitahu pada masyarakat inilah wakil rakyat, inilah tugas fungsi kami yang pasti berbeda dengan eksekutif. Disini juga ada studi banding, bahkan dari Ketua DPRD Bolmong tadi mengatakan banyak hal yang bisa mereka peroleh dalam penyusunan Perda dan Program-program”, tutur Direktur Penyelenggara Legislatif SulutGO Expo ini.

“Kita harus berterima kasih kepada Gubernur dan Wakil Gubernur yang senantiasa mensuport kegiatan ini, dan tadi Kesbangpol sudah sampaikan bahwa titipan Gubernur tahun depan sudah diperintahkan Suport Program dan Suport Anggaran untuk kegiatan ini, semoga tahun depan lebih baik lagi”, tutup Kopalit.

Perlu diketahui, kegiatan ini dihadiri oleh 15 peserta yakni DPR-RI satu, DPRD Kota/Kabupaten Gorontalo ada dua, dan DPRD Kota/Kabupaten Sulut ada dua belas. Kegiatan ini yang berlangsung selama empat hari ini, DPRD Sangihe menjadi stand yang terbaik dengan perolehan Poin 2595, diikuti tempat kedua DPRD Minahasa Utara dengan poin 2525, dan tempat ketiga diduduki DPRD Sitaro dengan Poin 2510. (Dwi)

Related posts

Leave a Comment