OD-SK Jajal Destinasi Pariwisata Baru

Wagub Sulut Steven Kandouw

Sulut – Wakil Gubernur Sulawesi Utara (Sulut) Steven Kandouw mengagumi keindahan alam perkebunan Desa Modoinding Kabupaten Minahasa Selatan (Minsel) dan Danau Mooat Kabupaten Bolmong Timur (Boltim).

Hal itu diakui Wagub Steven Kandouw saat berkunjung ke 2 lokasi itu, Sabtu (8/2/2020).

Beberapa kali pendamping setia Gubernur Olly Dondokambey ini berhenti di beberapa spot kawasan itu untuk berdialog dengan masyarakat setempat.

“Saya akan minta bantuan kawan-kawan agen travel dan pemandu wisata yang tergabung dalam ASITA (Asosiasi Perusahaan Perjalanan Wisata Indonesia), ASPPI (Asosiasi Pelaku Pariwisata Indonesia) dan HPI (Himpunan Penerjemah Indonesia) bahkan perhotelan, untuk ikut jualan paket wisata alam ke Modoinding dan Mooat,” tegas Steven Kandouw.

Disisi lain, Wagub Steven meminta pemerintah daerah dalam hal ini Pemkab Minsel dan Pemkab Boltim untuk menyediakan fasilitas di lokasi pariwisata.

Ia mencontohkan soal fasilitas pada paket wisata tracking dan hiking di perkebunan Modoinding, yang belum memadai.

“Modoinding ini potensial sekali. Ini harus jadi kluster pengembangan wisata yang bersinergi. Artinya, paket wisata alam disini cantik dan harus dijual bersama. Yaitu, turis harus diajak tinggal sehari dua hari penuh untuk menikmati alam pegunungan di Modoinding dan danau disini,” tegas Wagub Steven.

Di sisi lain, Wagub menyorot Dispar Minsel yang dinilai kurang memberikan perhatian pengelolaan wisata di Modoinding.

“Semua daerah berbenah obyek wisatanya sejak Pak Gubernur membuka sektor pariwisata di Sulut. Harusnya Modoinding yang cantik ini ikut dibenahi dan diberi perhatian. Nyatanya? Lihat saja obyek wisata di sini, mulai rusak,” kritik Wagub saat berada di sebuah obyek wisata Modoinding yang beberapa fasilitas pendukungnya mulai rusak.

Sebab itu Wagub Steven berharap agar Wabup Minsel Frangky Wongkar dan Wakil DPRD Minsel Steven Lumowa bisa mengantisipasi itu.

Wagub sendiri dalam dua kegiatan terpisah di dua lokasi itu didampingi Staf Khusus Gubernur Sulut Bidang Pariwisata Dino Gobel, Wakil Bupati Minahasa Selatan Frangky Wowor dan Wakil Ketua DPRD Minsel Steven Lumowa.

Saat berada di Mooat, Wagub Steven diterima sekaligus didampingi langsung Kadis Pariwisata Boltim Rizky Lamaluta dan para Kadis Pariwisata se-Bolmong Raya.

Di akhir pertemuan, diadakan dialog santai Wagub dengan para Kadis Pariwisata se-Bolmong Raya.

“Dinas Pariwisata Kabupaten Bolmong sangat gembira dengan perhatian Pak Gubernur melalui kunjungan Pak Wagub,” kata Kadis Pariwisata Bolmong Ulfa Paputungan.

Wagub sendiri memberikan apresiasi pembangunan pariwisata di Boltim yang kreatif yang dipimpin Kadis Pariwiata Rizky Lamaluta.

Itu sebabnya, atas seijin Pak Gubernur, kita sekalian akan melaunching dan menjajal paket wisata hiking keliling danau Mooat legendaris itu. Acara hingga sore itu akan diakhiri dengan dialog kepariwisataan dengan para Kadis Pariwisata se BMR.

“Pesan Pak Gubernur, pariwisata Sulut akan terus menggema, semua potensi wisata hingga Minsel dan BMR adalah sebuah kekayaan. Apalagi tahun depan Insya Allah bandara Lolak di Bolmong akan segera beroperasi. Nah, kesiapan destinasi dan paket wisata di kluster BMR dan minsel akan Pak Gubernur dan saya ikut topang,” tegas Pak Wagub. (***)

Related posts

Leave a Comment