Minahasa Utara Siap Digital, Pjs Bupati Clay Support UMKM Gunakan Aplikasi DANA

Minut-Para pelaku usaha yang tergabung dalam Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) Minahasa Utara hadir di Pendopo Kantor Bupati. Selasa (17/11/2020).

Kehadiran sejumlah pengusaha UMKM tersebut guna mengikuti program yang digagas oleh Pemerintah Kabupaten Minahasa Utara yang bekerjasama dengan Perusahan Aplikasi Dana dalam menggelar Sosialisasi Program Minahasa Utara Siap Digital.

Giat dibawah kendali Pjs Bupati Minahasa Utara Clay Dondokambey diikuti Dandim 1310/Bitung Letkol Inf Benny Lesmana SE, Kajari Minut Fanny Widyastuti SH MH, Kepala Pengadilan Negeri Airmadidi Mohamad Soleh SH MH, perwakilan Polres Minut, Sekretaris Daerah Ir Jemmy Kuhu MA, serta ratusan pelaku usaha UMKM dan kepala SKPD jajaran Pemkab Minut.

Pada kesempatan itu Pjs Bupati Clay mengatakan, sosialisasi ini sangat penting bagi pelaku usaha. Sebab, kegiatan ini adalah bentuk kaloborasi antara Pemerintah Daerah, Perbankan dan pihak Aplikasi DANA.

“Kegiatan ini sangat baik untuk menangkap peluang di tengah-tengah pandemi Covid-19. Kegiatan ini sangat baik untuk membantu UMKM dalam bertransaksi,” kata Dondokambey.

Diakuinya, aplikasi uang elektronik sangat baik di era digital seperti sekarang ini. Dengan demikian, perekonomian akan terus berlanjut ditengah Pandemi Covid-19.

“Dengan kegiatan ini, maka pada hari ini bisa dikatakan sebagai hari kebangkitan momentum di Minut dengan transformasi digital,” ungkap Dondokambey.

Selain itu, Dondokambey juga mendorong agar pelaku usaha bisa mengurus Nomor Induk Berusaha (NIB) sehingga pengembangan usaha bisa lebih besar. Untuk menunjang program tersebut telah dibuka pendaftaran NIB bagi pelaku usaha.

“Minut sebagai daerah yang sedang berkembang harus mampu bersaing dalam berbagai usaha, mengingat daerah ini diapit oleh Kota Manado dan Kota Bitung,” tambahnya.

Sementara itu, Ditasa Devi selaku Senior Marchant Acquiring and Operation Manager DANA mengatakan, Aplikasi DANA adalah aplikasi uang elektronik yang memang sangat praktis karena bisa digunakan melalui handphone saja. Cara menggunakan dana yang mudah akan membuat pelaku usaha sangat terbantu karena tidak perlu membawa uang cash yang beresiko besar. Bahkan di Indonesia sendiri dalam 2 tahun berdirinya aplikasi DANA ini, sudah ada 40 juta pengguna aplikasi.

“Aplikasi ini sangat memudahkan transaksi secara online. Di Indonesia sudah banyak UMKM menggunakan dana bisnis dan bisa transaksi meski secara offline,” katanya.

Senada dengan Devi, Chief People Officer DANA Indonesia, Agustina Samara mengatakan, keunggulan aplikasi ini sangat baik untuk membantu pelaku usaha dalam memasarkan produk hingga keluar daerah Minut.

“Aplikasi ini juga sangat baik karena pelaku usaha bisa menjual keunikan dari Minut dan bisa bertransaksi lewat aplikasi DANA,” jelas Samara. (*/T3)

Related posts