Menteri Pariwisata Sampaikan Hal Ini Dalam Pembukaan FPSL 2019

Bitung, Redaksisulut – Opening Ceremony, Festival Pesona Selat Lembeh (FPSL) 2019 di Satkamla Bitung Kecamatan Maesa, Kota Bitung. Senin, (7/10/2019).

Kegiatan ini di buka Menteri Pariwisata Republik Indonesia, Dr Ir Arief Yahya MSc dan rencananya akan berlangsung sampai tanggal 10 Oktober 2019.

Dalam FPSL ada sederetan rangkaian acara yang akan digelar adalah Sailing Pass Di Selat Lembeh, Lomba Kapal Hias (Carnaval of The Sea), Festival Kuliner, Pentas Seni Danbudaya, Coral Plantation, 10 K, Thanks Giving Day, Jet Ski Dll.

FPSL ini telah diselenggarakan sejak tahun 2013 di Kota Bitung, Sulawesi Utara dengan tujuan guna mempromosikan potensi yang dimiliki. Adapun festival ini merupakan inisiatif langsung dari masyarakat dikarenakan mayoritas penduduk Bitung berpenghasilan sebagai nelayan.

Festival budaya maritim yang memperkuat jalinan hubungan antar warga kota ini semakin berkembang dari tahun ke tahun dimana diketahui, FPSL 2019 telah masuk menjadi bagian dari “100 Calendar of Events Wonderful Indonesia” setelah terseleksi dari 6000 kegiatan seni budaya di seluruh Indonesia sepanjang tahun ini.

Menteri Pariwisata Republik Indonesia, Dr Ir Arief Yahya MSc pada saat Opening Ceremony FPSL 2019 memberikan edukasi terkait peningkatan kapasitas pariwisata yang ada di beberapa lokasi di Bitung dan mengucapkan selamat atas terselenggaranya FPSL 2019 telah masuk Calender Of Event Nasional ke empat kalinya secara berturut-turut, hal itu bisa dikatakan jarang terjadi di Indonesia.

“Selamat untuk Kota Bitung karena Festival Pesona Selat Lembeh untuk ke empat kalinya telah masuk dalam Calender Of Event Nasional, jarang ada event yang empat kali berturut-turut masuk sebanyak itu sebagai kalender of event nasional”. Kata Arief

Ia juga menambahkan bahwa adapun kriteria di tahun 2020 mendatang, untuk masuk dalam kalender of event nasional antaranya creative value (nilai dari koreografi, musik, baju), commercil value (berapa banyak mendatangkan wisatawan) dan komitmen

“Kedepan berdasarkan penilaian, untuk Calender Of Event tahun 2020, festival pesona selat lembeh telah resmi masuk ke dalam Calender Of Event Nasional, sehingga kriteria Creative Value, Commercil Value dan Komitmen harus lebih dipersiapkan kembali secara matang oleh panitia”. Tambahnya.

Dalam Opening Ceremony juga mempertunjukan demonstrasi pembebasan sandra yang dibajak oleh kelompok bersenjata dimana demonstrasi ini bertujuan agar para wisatawan mancanegara mempercayai selat lembeh nan indah, merupakan tempat yang sangat aman bagi para wisatawan mancanegara yang hadir berkunjung karena dilindungi oleh segenap pasukan Marinir.

Dalam Festival ini dihadiri Asisten 1 bidang pemerintahan dan Kesra Prov. Sulut Edison humiang, Wali Kota Bitung Max J. Lomban, Wakil Wali Kota Bitung Ir. Maurits Mantiri, Sekda Kota Bitung Audy Pangemanan, Ketua TP PKK Kota Bitung, Ny Khouni Lomban Rawung serta Wakil Ketua TP PKK Kota Bitung, Ny Rita Mantiri Tangkudung, Wali Kota Ternate Burhan Abdurahman, Wakil Wali Kota Ambon Syarif Hadler, Sekda Tidore Asrul Sani Soelaiman, Wali Kota Manado, Vicky Lumentut, Wakil Bupati Minsel, Franky Wongkar dan Konsul Jenderal USA, Mark Mc Govern. (Wesly)

Related posts

Leave a Comment