oleh

Kunker di UPT Puskesmas Petumbea, Bupati Delis Paparkan Inovasi Bidang Kesehatan di 2024

Morut – Bupati Morowali Utara (Morut) Dr dr Delis Julkarson Hehi MARS, melakukan kunjungan kerja (kunker) di UPT Puskesmas Petumbea Kecamatan Lembo Raya, Kabupaten Morut, baru – baru ini.

Kunker orang nomor satu di bumi tepo asa aroa tersebut, dalam rangka menghadiri Survey Re-Akreditasi UPT Puskesmas Petumbea, sekaligus memaparkan berbagai Inovasi di bidang kesehatan yang telah dirancang untuk tahun 2024 nantinya.

Hadir dalam kegiatan tersebut, Kadinkes Morut, Alno Berniat Sanampe SKM MKes, Camat Lembo Raya, Ansar Ssos, Kepala UPT Puskesmas Petumbea, Aswan Tengase SKep, Kepala Desa (Kades) se-Lembo Raya, para staf dan tata usaha di UPT Puskesmas Petumbea, serta tamu undangan lainnya.

Saat meninjau langsung pelayanan kesehatan di Puskesmas tersebut, Bupati Delis, bertanya kepada Kadinkes Morut dan Kapus Petumbea, terkait kendala apa saja yang dihadapi saat ini.

Kapus Petumbea mengatakan, ada beberapa hal yang masih menjadi kendala dilapangan, yakni keberadaan Puskesmas Pembantu (Pustu) serta beberapa sarana prasarana kesehatan lainnya yang masih dibutuhkan.

Menanggapi hal itu, Bupati Delis, meminta kepada Kadinkes Morut dan Kapus Petumbea, segera membuat daftar kebutuhan tersebut, sehingga bisa ditindaklanjuti untuk dimasukan di anggaran 2024.

“Nanti Pak Kadis dan Pak Kapus membuat list, daftar sarana prasarana apa saja yang dibutuhkan, agar bisa di anggarkan di 2024, ” katanya.

Pada kesempatan itu, Bupati Delis, menjelaskan, beberapa inovasi lain dibidang kesehatan, diantaranya merancang sebuah sistem informasi (aplikasi) yang akan memudahkan masyarakat dalam mendapatkan pelayanan kesehatan dari dokter, termasuk sistem yang memudahkan bagi pasien yang membutuhkan darah kepada calon pendonor, yang telah terdaftar di data base PMI Morut.

“Nantinya kami akan membuat data base dari para pendonor yang telah didaftarkan melalui PMI. Apabila ada pasien yang membutuhkan darah, maka pendonor yang memiliki posisi terdekat otomatis akan mendapatkan pemberitahuan melalui ponsel pendonor”, jelas Politisi Senior Partai Hanura itu.

Sekaitan dengan Re- Akreditasi UPT Puskesmas Petumbea dilakukan oleh Komite Akreditasi Kesehatan Pratama (KAKP), ber tujuan untuk melakukan pembinaan terhadap peningkatan mutu kinerja, melalui perbaikan yang berkesinambungan terhadap sistem manajemen, manajemen mutu, penyelenggaraan pelayanan, serta program dan penerapan manajemen resiko.

Diakhir kunker tersebut, Bupati Delis, menyempatkan diri untuk berdialog dengan para Kades yang hadir dalam kegiatan tersebut. (Hms/NAL)