oleh

21 Unit Disurvei Tim Akreditasi KARS, Direktur : Target Paripurna Bintang 5

-BMR, Bolmut-459 Dilihat

REDAKSISULUT,BOROKO-Akhirnya Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) kabupaten Bolaang Mongondow Utara sukses menggelar kegiatan akreditasi ke dua (2), setelah akreditasi bintang satu (1) pada tahun 2018 silam bersama tim surveior Komisi Akreditasi Rumah Sakit (KARS), Rabu (29/11/2023) kemarin.

Surveior pokja menajemen yang dipimpin langsung oleh dr. Henny Ruth Liwe, M.Kes dan surveior pokja pelayanan Fredna Juul Mami Robot, S.Kep, Ns, M.Kep, FISQua melaksanakan tiga (3) hari survei yang dimulai sejak Rabu 29 November hingga 02 Desember 2023 ke 21 unit pelayanan yang ada di RSUD Bolaang Mongondow Utara dan simulasi Code Red dan Blue terhadap pelayanan publik.

Direktur RSUD Bolaang Mongondow Utara drg. Firlia Mokoagow mengungkapkan dimana target akreditasi RSUD Bolaang Mongondow Utara pada tahun 2023 ini merujuk pada akreditasi berfokus pada manajemen dan pelayanan, sasaran keselamatan pasien serta program nasional.

“Dengan melihat standar akreditasi rumah sakit kementrian kesehatan terdiri dari 16 pokja, maka RSUD Bolaang Mongondow Utara sudah memenuhi dari standar aturan akreditasi. Dan tim surveior sudah selesai melaksanakan survei, tinggal menunggu hasil, ” Ungkap Mokoagow, Jumat (01/12/2023).

Direktur mudah yang pekerja keras hingga jatuh sakit dengan selang infus, rela berjuang bersama seluruh tim akreditasi RSUD Bolaang Mongondow Utara untuk menyempurnakan kekurangan – kekurangan dalam pemenuhan syarat akreditasi.

“Alhamdulilah, seluruh persayaratan akreditasi dapat terpenuhi dengan baik sebelum di survei oleh tim surveior KARS. Target paripurna bintang lima (5) dalam akreditas tahun 2023 ini, ” Tambah Mokoagow lagi.

Kepala Seksi Pelayanan Medik dan Keperawatan Sri Salma Lasama, S.Kep sedikit menambahkan dimana harapan RSUD Bolaang Mongondow Utara dalam akreditasi ke dua (2) dapat lolos ke paripurna bintang lima (5).

“Insyah Allah, RSUD Bolaang Mongondow Utara dapat lolos ke target paripurna bintang lima (5), agar pelayanan kepada publik, dimana tentang keselamatan pasien serta mutu Rumah sakit bisa optimal serta di andalkan oleh masyarakat bolmut, ” Singkat Grace sapa akrabnya.

Lasama menjelaskan dimana 21 unit yang disurvei oleh tim surveior diantaranya rawat jalan, rawat inap, interna, anak, bedah, obgyn, nicu, icu, isolasi, kamar operasi, rekam medik, laboritorium, radiologi, gizi, laundry linen, CSSD, farmasi, genset, ipal dan kamar jenazah.

Kepala Tata Usaha RSUD Bolaang Mongondow Utara Sutri Buhang pula sedikit menambahkan agar kiranya masyarakat turut mensuport dan mendoakan agar hasil akreditasi ke dua (2) sesuai harapan kita semua.

“Doakan akreditasi ke dua (2) bisa berjalan lancar sebagaimana mestinya dan hasilnya pun sesuai harapan kita semua. RSUD ini adalah milik masyarakat di Bolaang Mongondow Utara, ” Singkat Buhang.

Kepala Seksi Penunjang Medik Saswati Djenaan menerangkan hiruk pikuk perjuangan seluruh tim akreditasi RSUD Bolaang Mongondow Utara hingga tetesan air mata lelah, namun bukan pematah semangat.

“Perjuangan seluruh tim akreditasi sangat luar biasa, kalian hebat, tidak perna mengeluh. Kita hebat karena kita bersatu, RSUD Bolaang Mongondow Utara bisa paripurna karena satu, ” Ujar Djenaan.

Ketua Tim Akreditasi RSUD Bolaang Mongondow Utara dr. Polii Reiner Caesardo mengucapkan terimakasih banyak kepada seluruh tim akreditasi yang sudah bekerja sama dengan baik hingga suksesnya kegiatan akreditasi ke dua (2), begitupun kepada tim surveior KARS yang sudah banyak berbagi ilmu dan pengalaman.

” Terimakasih atas perjuangannya, terimakasih kepada tim surveior KARS, ” Singkat Reiner. (R)