KPU Morut Gelar Debat Publik Putaran Kedua

MORUT– Pilkada serentak tahun 2020, pada umumnya telah memasuki tahapan ke dua debat publik. Termasuk pula di Morowali Utara (Morut), KPU setempat telah menggelar debat putaran ke dua , di Gedung Serba Guna Morokoa, Kelurahan Kolonodale, Kecamatan Petasia, Kabupaten Morowali Utara Sulawesi Tengah pada Sabtu (7/11/2020) malam sekira pukul 19.30 hingga 22.00 WITA.

Debat publik Paslon Bupati Morowali Utara disiarkan langsung melalui chanel TVRI Sulawesi Tengah dan akun Facebook KPU Kabupaten Morowali Utara Sulawesi Tengah, serta disiarkan langsung di TV kabel di wilayah Kolonodale dan sekitarnya.

Dalam sambutannya Ketua Devisi Sosialisasi,Pendidikan Pemilih, Parmas dan SDM KPU Morut Jasman Lamole KPU mengatakan bahwa Komisi Pemilihan Umum Kabupaten Morut menghimbau kepada pasangan calon Bupati dan wakil Bupati Morut, untuk memanfaatkan sisa waktu yang ada, untuk menyebar luaskan profil visi misi masing-masing pasangan calon, sehingga akan memberikan informasi secarah menyeluruh kepada pemilih, sebagai salah satu pertimbangan pemilih untuk menentukan pilihannya masing-masing dengan meluhat situasi dan kondisi alam akhir-akhir ini, utamanya iklim yang tiba-tiba berubah, maka Komisi Pemilihan Umum Kabupaten Morut, tetap sebantiasa menghimbau kepada pasangan calon Bupati dan wakil Bupati nomot urut 1 dan nomor urut 2 yang akan melaksanakan kampanye tatap muka, pada Daerah rawan bencana dan Daerah-Daerah pulau agar kiranya sebelum melaksanakan kegiatan di maksud, terlebih dahulu berkoordinasi bersaman instansi terkait, tentang keberadaan iklim cuaca pada saat itu.

Lebih lanjut Jasman mengatakan, saat ini kita masih berada di masa bencana non alam, masa pandemi covid-19. kiranya pasangan calon Bupati dan wakil Bupati Morut pemilihan tahun 2020, tetap mengedepankan protokol Kesehatan ketika sedang melaksanakan kampanye tatap muka di seluruh wilayah Kabupaten Morowali Utara, karena dengan Kapatuhan kita bersama.

Seiring mencuci tangan, menggunakan masker, duduk menjaga jarak minimal satu meter, dan sebelum masuk ruangan petugas akan mengukur suhu tubuh dan memastikan tidak melebihi pelaksanaan dari 36,5 oc
maka dengan sendirinya kita telah berupaya mematah rantai penyebaran Covid-19.

Harapan KPU baik Pusat, Propinsi, bahkan Kabupaten/kota tidak akan terjadi cluster baru penyebaran covid-19 di tahapan pilkada di 270 Daerah, baik Propinsi, maupyn Kabupaten/Kota, termasuk Kabupaten Morowali Utara, saat ini, sedang melaksanakan tahapan Pilkada.terangnya.

Debat publik tersebut diikuti oleh dua pasangan calon Bupati dan wakil Bupati Morowali Utara masing-masing Delis Julkarson Hehi– H, Djira dan pasangan calon nomor urut 2 Holiliana-H. Abudin Halilu.

Dalam debat publik kali ini dipandu oleh ketua tim ahli dari dosen Universitas Tadulako Drs. Tasrif Siara M,Si dan dibantu empat orang ahli dari Universitas Tadulako dan Universitas Alkhairaat Palu Sulawesi Tengah.

Kegiatan debat publik dihadiri oleh Ketua dan anggota serta Sekretaris KPU Morowali Utara, Ketua dan anggota Bawaslu Morowali Utara, Ketua Tim Pemenangan masing-masing paslon pimpinan Parpol pengusung serta tamu undangan lain dengan mengikuti protokol Covid-19.

Acara debat publik berjalan dengan aman dan lancar yang dikawal 200 personil aparat gabungan TNI Polri, Danki Brimob dan Satpol-pp Pemkab Morut. (Johnny)

Related posts