oleh

Sebabkan Terjadinya Banjir, BPBD Morut Bongkar Saluran Pembuangan di Samping Kantor Cabjari Kolonodale

Morut-Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Morowali Utara (Morut), Delfia Parenta ST, memimpin secara langsung pembongkaran saluran pembuangan yang terletak di samping kantor Cabang Kejaksaan Negeri (Cabjari) Kolonodale.

Saluran pembuangan ini, selama ini menjadi sumber masalah, karena tertutup menyebabkan kantor kejaksaan dan rumah warga di sekitarnya sering kali terendam banjir.

“Setelah dibongkar saluran itu kita akan atur agar air berjalan lancar. Ini memang menjadi penyebab rendaman setiap kali terjadi hujan,” jelas Delfia Parenta, kepada sejumlah wartawan, Jumat (21/07/2023).

Kantor Cabjari Kolonodale yang terletak di pusat kota Kolonodale selalu terendam banjir jika hujan deras turun.

Menurut catatan pihak kejaksaan setempat, setidaknya terjadi 12 kali banjir yang paling parah menggenangi kantor tersebut, yang menyebabkan banyak peralatan kantor menjadi rusak.

Begitupun warga sekitar. Mereka sangat menderita selama ini, jika hujan deras turun. Karena itu mereka sangat bersyukur dengan pembongkaran saluran yang tertutup itu.

“Terima kasih kepada BPBD yang sudah berinisiatif memperbaiki saluran pembuangan yang selama ini menyusahkan kami,” kata seorang ibu yang menyaksikan pembongkaran itu.

Delfia menambahkan, setelah dibongkar saluran itu akan diperlebar dan disemen agar jalannya air menjadi lancar. (Hms/NAL)