oleh

Gelar Tatap Muka di Desa Tontalete Minut, Pjs Bupati Clay Ingatkan Perangkat Desa Harus Jadi Teladan

-Minut-91 Dilihat

Minut-Didampingi, Asisten I, Asisten III, Kadis Dinsos PMD, Kepala Badan Kesbang Penjabat sementara Bupati Minahasa Utara Clay J Dondokambey SSTP, MAP turun wilayah guna bertatap muka dengan para perangkat desa di Kecamatan Kema. Jumat, 9/10/2020.

Tatap muka berlangsung dikantor Hukum Tua Desa Tontalete, dihadiri oleh Camat Kema, Hukum Tua serta perangkat desa lainnya.

Pada kesempatan itu, Pjs Bupati Clay mengatakan, sebagai pejabat sementara menggantikan Bupati dan Wakil Bupati saat cuti adalah marwah pemerintah yang patut dijaga agar roda pemerintahan berjalan sesuai dengan aturan dan koridor yang berlaku. Untuk itu saya harapkan hendaklah setiap perangkat desa dapat melaksanakan tugas dengan baik. Peganglah pedoman dan amanat untuk kepentingan masyarakat.

“Ketika kami datang di Kabupaten Minut untuk mengemban tugas selama Bupati dan Wabup melaksanakan cuti adalah untuk tetap menjaga marwah pemerintah menjaga jalannya roda pemerintahan itu agar tetap berjalan sesuai koridor dan aturan yang berlaku, hal ini saya harapkan dapat juga berlaku dan dijalankan oleh Bapak/Ibu serta rekan-rekan perangkat desa yang ada disini”, kata Clay.

Selanjutnya, Clay juga menjelaskan tentang 6 tugas pokok yang harus dirinya lakukan selama menjabat sebagai Pejabat sementara Bupati.

“Saya dititipkan 6 tugas selama menjabat Pjs Bupati Minut, tetapi 3 diantaranya sangat normatif sebagai fungsi-fungsi seorang Kepala Pemerintahan selain tugas pokok wajib yang harus dikakukan secara administartif”, ujarnya

Kemudian Clay mengingatkan tentang 3 tugas penting yang menyangkut unsur pelayanan masyarakat, sehingga dalam setiap acara pemerintahan maupun kegiatan sosial kemasyarakatan yang ia ikuti pasti akan terus diingatkan.

“Ada 3 tugas selalu saya ingatkan saat mengikuti kegiatan, hal-hal yang terkait dengan pelayanan masyarakat yang bersentuhan langsung dengan bapak/ ibu dan rekan-rekan, yaitu :
1. Menjaga stabilitas keamanan ketertiban
2. memfasilitasi terlaksananya pemilihan Kepala Daerah dan Wakil Kepala Daerah yang aman dan tertib
3. Sebagai Kepala Satuan tugas
Penanggulangan Covid 19 di tingkat Kabupaten”, jelas Clay

Menurut Clay terkait point 3 yaitu menyangkut penanggulangan Covid 19 para perangkat desa harus terus menerapkan sosialisasi pencegahan Virus Corona dengan menggunakan 4 M.

“Edukasi itu masih perlu dilakukan, tentang 4 M, yaitu menggunakan masker, mencuci tangan, menjaga jarak dan menjauhi kerumunan karena masih saja ada yang cuek dan tidak mau tau dengan penanggulangan covid ini”, ungkap Clay .

Di akhir acara Clay mengatakan, para perangkat desa harus bisa memberikan teladan kepada masyarakat.

“Saya ingatkan lagi torang ini teladan, mulai dari cara bertutur, cara bersikap cara berpakaian termasuk memberi contoh tentang keharusan memakai masker di era new normal sekarang ini”, tutupnya. (T3)