oleh

Gebyar SMS Jilid III, Bupati dan Wabup Ajak Masyarakat Manfaatkan Posyandu

Pohuwato-Pos pelayanan terpadu (Posyandu) mengambil bagian pada kegiatan Gebyar SMS jilid III di Kecamatan Buntulia.

Pelayanan terhadap ibu dan anak yang berlangsung di puskesmas pembantu (Pustu) Buntulia  ditinjau langsung Bupati Pohuwato, Saipul A. Mbuinga dan Wakil Bupati, Suharsi Igirisa dan didampingi sejumlah pimpinan OPD usai penyerahan bantuan dan peninjauan khitanan massal, Senin, (7/8/2023).

Bupati Saipul dan Wabup Suharsi meninjau ruangan-ruangan pelayanan dan memberikan motivasi kepada ibu dan anak-anaknya untuk memanfaatkan layanan yang ada terutama bagi layanan yang ada di posyandu seperti ini.

“Posyandu merupakan upaya pemerintah untuk memudahkan masyarakat terutama di Pohuwato dalam memperoleh pelayanan kesehatan ibu dan anak. Tujuan utama posyandu adalah mencegah peningkatan angka kematian ibu dan bayi saat kehamilan, persalinan, atau setelahnya melalui pemberdayaan masyarakat.

 Berbeda dengan puskesmas yang memberikan pelayanan setiap hari, posyandu hanya melayani setidaknya 1 kali dalam sebulan”,jelas Saipul.

Menurut Bupati Saipul, selain memberikan beragam informasi mengenai kesehatan ibu dan anak, seperti pemberian ASI, MPASI, dan pencegahan penyakit, memantau tumbuh kembang anak, sehingga anak terhindar dari risiko kekurangan gizi atau gizi buruk.

Manfaat lainnya juga berupa mendeteksi sejak dini bila terdapat kelainan pada anak, ibu hamil, dan ibu menyusui, sehingga penanganan dapat segera dilakukan, serta memberikan imunisasi lengkap.

“Olehnya sekali lagi manfaatkan posyandu apabila ada pelayanan seperti ini. Karena ini juga untuk kesehatan dari pada ibu dan anak itu sendiri yang insyaallah kedepan dengan rutin mengikuti posyandu anak kita jadi sehat termasuk ibunya”,pungkas Bupati Saipul Mbuinga. (***)