DKP Bolmong Pantau Ketersediaan Pangan Di Sejumlah Pasar

Bolmong,- Dinas Ketahanan Pangan (DKP) Kabupaten Bolaang Mongondow melaksanakan monitoring dan evaluasi (Monev) ketersediaan pangan di sejumlah pasar di kabupaten bolmong.

Hal ini disampaikan Kepala Dinas Ketahanan Pangan melalui Kepala Bidang Ketersediaan dan Cadangan Pangan Bida Makalalag.

Bida menyebutkan DKP melakukan monev pengambilan data guna perhitungan prognosa ketersediaan diwilayah khususnya kec.Dumoga utara di pasar ibolian dan kec.Dumoga tenggara dipasar Mopuya.

“Hasil Monev dapat digambarkan situasi pangan dalam penyediaan pangan pokok cukup terkendali walaupun tingkat produksi menurun yang disebabkan beberapa faktor diantaranya hama tikus dan anomali cuaca yang sulit dikendalikan sehingga hal ini membuat beberapa produk pangan pokok didatangkan dari luar wilayah yang terbentuk oleh mekanisme pasar itu sendiri” ungkap Bida.

Selain itu Bida mengatakan beberapa pedagang pengecer sehubungan situasi saat ini juga disebapkan oleh tertundanya musim tanam beberapa waktu yang lalu namun keadaan ini belum berdampak signifikan untuk ketersedian pangan di wilayah. (Kominfo/JM)

Related posts

Leave a Comment