Dinas Pertanian Minahasa Kembangkan Tanaman Bawang Putih dan Bawang Merah

Tondano – Kepala Dinas Pertanian Yeittije Roring, SP, di wakili Kepala Bidang (Kabid) Hortikultura Ir. Elke Rambing dan Kepala Seksi Perbenihan Dan Perlindungan Tanaman Hortikultura Ir. Ewin Kolinug turun langsung lapangan untuk memantau pertumbuhan tanaman bawang putih dan bawang merah. Bertempat di 12 Kecamatan, mulai Kecamatan Langowan Barat. Selasa (25/02/2020).

Kabid Hortikultira Ir. Elke Rambing menyampaikan jadi bawang putih ini untuk tahun 2019 itu 100 Hektar yang dibagi kepada kelompok tani yang ada di 12 kecamatan dengan bantuan beberapa jenis lumbu kuning dan faritas lumbuh hijau juga bantuan lainnya seperti musa plastik dan pupuk Organik Granul dan pupuk MPK, dan pengadaan itu disalurkan untuk saroprodi saat bulan Oktober 2019 sampai dengan November 2019 lalu, benihnya bulan November 2019 sampai Desember 2019.

“Aktifitas dilapangan karena benih baru ini baru dibagikan November 2019 sampai Desember 2019 kebanyakan itu mulai menanam di bulan Januari 2020. Karena adanya natal dan tahun baru makanya petani menanam mulai di bulan Januari pertengahan sampai Februari ini.” ujar Rambing.

Di katakan Rambing, makanya di bulan  ini kami sementara memonitor tanaman yang dilakukan petani.

“Akan tetapi dibulan Desember lalu baru sedikit petani yang menanam dibulan tersebut seluas 3 hektar.” tutup Rambing. (Ronny).

Related posts

Leave a Comment