Bupati ROR Hadiri Rapat Paripurna Persetujuan RPJMD Tahun 2018-2023

Tondano – Bupati Minahasa Ir. Royke O. Roring M.Si, dan Wakil Bupati Minahasa Robby Dondokambey S.Si, menghadiri rapat Paripurna Persetujuan RPJMD tahun 2018-2023 Kabupaten Minahasa, bertempat di Ruang Sidang DPRD, Rabu  (27/2/2019).

Bupati Minahasa Ir. Royke O. Roring M.Si, dalam sambutannya mengajak kita semua untuk bersyukur karena dapat berkumpul bersama untuk mengikuti rapat paripurna DPRD Kabupaten Minahasa.

”Atas nama pemerintah mengucapkan terima kasih dan memberikan apresiasi yg tinggi atas pelaksanaan rapat paripurna dalam rangka Paripurna Persetujuan RPJMD tahun 2018-2023 Kabupaten Minahasa,” ucapnya.

Lanjutnya, berbagai dinamika dalam proses pembahasan telah dilalui dengan semangat demokrasi, sinergi dan menjunjung tinggi nilai kebersamaan sehingga substansi dan esensi dokumen RPJMD yang kami ajukan telah mengalami penajaman serta penyempurnaan lewat masukan yang diberikan oleh Pansus RPJMD DPRD Kabupaten Minahasa.

”Untuk itu kami sangat mengapresiasi Kepedulian dan dukungan yang diberikan anggota dewan selama pembahasan terutama dalam rangka perumusan arah kebijakan umum dan program jangka menengah daerah, indikasi rencana program prioritas yang disertai kebutuhan pendanaan, begitu pula bagi jajaran pemerintah daerah yang telah mendukung sehingga dinamika dalam proses penyusunan dan pembahasan RPJMD Kabupaten Minahasa dapat berjalan dengan lancar,” ungkap Bupati ROR.

Dikatakan Bupati, dokumen RPJMD ini telah mewakili Visi dari Bupati dan Wakil Bupati yakni terwujudnya Minahasa Maju dalam Ekonomi dan Budaya, berdaulat, adil dan sejahtera yang dijabarkan dalam 5 Misi, Nawacita RR-RD, 10 Program Unggulan dan 22 Kegiatan Prioritas.

” Pembangunan suatu daerah merupakan satu kesatuan dalam sistem perencanaan pembangunan daerah, yang disusun dan dilakukan oleh pemerintah bersama para pemangku kepentingan berdasarkan peran dan kewenangan masing-masing serta diintegrasikan dengan rencana tata ruang dan rencana pembangunan daerah yang didasarkan pada kondisi dan potensi suatu daerah dan disesuaikan dengan dinamika perkembangan daerah dan nasional,” tuturnya.

Diterangkannya, hal ini ditindak lanjuti dengan sinkronisasi kebijakan perencanaan pembangunan dari pusat ke daerah, lewat nawacita Jokowi-JK, saptacita OD-SK, dan nawacita RR-RD yang tertuang dalam 55 tujuan serta 84 sasaran.

” Adapun nilai strategis RPJMD Kabupaten Minahasa tahun 2018-2023 diharapkan dapat menjadi media dan Prime Supporting Tools (Komponen Penunjang Penting) untuk mengimplementasikan janji kepala daerah Kepada masyarakat saat kampanye menjadi pedoman pembangunan selama 5 Tahun, pedoman penyusunan RKPD dan instrumen evaluasi penyelenggaraan pemerintahan daerah,”terang Bupati ROR.

Bupati ROR menambahkan setelah tahapan evaluasi saya berharap OPD yang ada untuk segera menuntaskan renstra perangkat daerah yang disesuaikan dengan urusan dan kewenangan masing-masing dengan berpedoman pada RPJMD Kabupaten Minahasa.

” Saya berharap pimpinan dan anggota DPRD serta seluruh komponen masyarakat untuk bersama-sama mendukung dan mengsukseskan pelaksanaan pembangunan yang telah kita rencanakan dan selanjutnya akan dilaksanakan, mari kita kawal segala pelaksanaan bahkan kita evaluasi bersama demi Minahasa yang semakin Hebat,” pungkasnya.

Selanjutnya Bupati ROR melaporkan terkait pertemuan dengan Dirjen Cipta Karya yang membahas tentang penyelamatan danau Tondano.” Kita akan mempercepat pembangunan tembok penahan yang dapat di jadikan jogging track, serta tanggapan fraksi akan di pertimbangan terlebih mengenai pembangunan rumah sakit, dan meningkatkan pelayanan bidang kesehatan di Kabupaten Minahasa,” singkatnnya.

Diketahui, sebelum memberi sambutan Bupati ROR telah melaksanakan Penandatanganan Rancangan Peraturan Daerah tentang Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD) Kabupaten Minahasa tahun 2018-2023 menjadi peraturan daerah.

Dihadiri Bupati Minahasa Ir. Royke O. Roring, M.Si, Wakil Bupati Minahasa Robby Dondokambey, S.Si, Sekretaris Daerah Kab. Minahasa Jeffry Korengkeng, SH, M.Si, Ketua DPRD Kab. Minahasa James Rawung, SH, Kajari Minahasa Rakhmat Budiman Taufani, SH, M.Kn, Kepala BPN Minahasa Remilin Sinurat, SH, Kapolsek Toulimambot IPTU Arie Hasan, anggota DPRD Kab. Minahasa, jajaran SKPD Pemerintah Kabupaten Minahasa. (Ronny Rantung).

Related posts

Leave a Comment