oleh

Wujudkan Morut SCS, Bupati Luncurkan Pro Delis di Bungku Utara

Morut-Program dokter masuk desa itu sudah lumrah, namun kalau dokter spesialis bergerak lintas desa, itu baru terobosan istimewa.

Dan terobosan hebat itu baru terjadi di Kabupaten Morowali Utara (Morut) pada tahun 2023 ini, sekaitan diluncurkannya Program Dokter Spesialis Lintas Desa (ProDelis) di Rumah Sakit Umum (RSU) Pratama Baturube Kecamatan Bungku Utara, Kabupaten Morut, Senin (25/09/2023).

Kegiatan tersebut dilaksanakan, serangkaian dengan program Buka Desa di Bungku Utara.

Ratusan masyarakat dari berbagai desa di Kecamatan Bungku Utara memadati RSU Pratama Baturube tersebut, untuk menikmati layanan kesehatan dari lima orang dokter spesialis, yakni dua spesialis penyakit dalam, satu spesialis bedah, satu spesialis THT dan satu spesialis anak serta dibantu 10 orang dokter umum.

“Ini luar biasa. Pertama kali terjadi di Sulteng, dokter spesialis dibawa ke desa-desa untuk melayani masyarakat,” kata Ketua IDI Morut dr. Oslanto Malau.

“Kami apresiasi sekali dan sangat bangga mendapat kesempatan berkolaborasi dengan Pemda Morut untuk merealisasikan visi misi Bupati dan Wabup Morut, dalam mewujudkan masyarakat Morut yang Sehat, Cerdas dan Sejahtera (SCS),” katanya.

Sementara itu, Bupati Morut Dr dr Delis Julkarson Hehi MARS, mengatakan lewat ProDelis, Pemda dan IDI Morut akan secara rutin membawa dokter-dokter spesialis ke puskesmas-puskesmas, untuk memberikan layanan kesehatan kepada masyarakat di pedesaan.

“Kalau selama ini dokter spesialis hanya bisa ditemukan di rumah sakit Kabupaten, sekarang kita ingin membawa dokter-dokter spesialis ke desa-desa, sehingga layanan kesehatan masyarakat di desa bisa semakin tinggi kualitasnya,” ujar Bupati Delis.

Sejak memimpin daerah ini pada Mei 2021, Morut sudah banyak mendapat penghargaan atas terobosan dan inovasi yang dilakukannya itu, bulan ini ProDelis dilaksanakan di Baturube, sementara itu bulan depan ProDelis akan kembali digelar di Kecamatan Mamosalato.

Sejumlah masyarakat yang ditemui di lokasi pelayanan kesehatan ProDelis di Baturube, menyampaikan ucapan terima kasih dan penghargaan yang tinggi kepada Bupati Delis, yang terus meningkatkan layanan kesehatan kepada masyarakat desa di pedalaman dengan mendatangkan dokter-dokter spesialis.

“Mudah-mudahan ke depan, kedatangan dokter spesialis bisa lebih sering dan bisa beberapa hari berada di desa. Kami sangat terbantu dengan program ProDelis, ” kata warga dari Desa Tirongan.

Bupati Delis yang didampingi Wabup Djira dan Ketua TP PKK Morut, Febriyanthi Hongkiriwang , menyampaikan visi pembangunan Morut adalah mewujudkan Morut yang SCS.

“Kenapa Sehat menjadi nomor satu, karena sehat adalah fondasi segalanya. Anak-anak bisa berprestasi di sekolah jika sehat, pegawai bisa produktif bekerja di kantor kalau sehat, petani dan nelayan bisa kuat bekerja kalau sehat. Ndak mungkin orang sakit-sakitan bisa cerdas dan sejahtera,” ungkapnya.

Di bidang kesehatan ini pula, Morut telah meraih penghargaan Universal Health Coverage (UHC) dari Kementerian Kesehatan dengan cakupan tertinggi di Sulteng yakni mencapai 106 persen masyarakat yang terlindungi dalam BPJS Kesehatan sejak 2022. (Hms/NAL)