oleh

Dinas PUPR Morut Gelar Konsultasi Publik, Berkaitan Penyusunan RDTR Dan KLHS WP Mori Utara

Morut-Dinas PUPR Kabupaten Morowali Utara (Morut), Bidang Tata Ruang, menggelar kegiatan Konsultasi Publik 1, sekaitan dengan Penyusunan Rencana Detail Tata Ruang (RDTR) dan Kajian Lingkungan Hidup Strategis (KLHS), Wilayah Perencanaan (WP) Kecamatan Mori Utara, Kabupaten Morut, di penginapan Bougenvile Kolonodale, Selasa (26/09/2023) pagi.

Hadir dalam kegiatan itu, Bupati Morut, diwakili Asisten II Bidang Ekonomi dan Pembangunan Pemda Morut, Ridwan Nonci, Kabid Tata Ruang Dinas PUPR Morut, Lohmeyer, Camat Mori Utara, Isnayawati Siman Ssos, Kades Se-Kecamatan Mori Utara, serta tamu undangan lainnya.

Ridwan Nonci, dalam sambutannya, meminta kepada seluruh peserta konsultasi publik, agar bisa menyimak serta memberikan masukan yang positif, terkait dengan pembahasan desain RDTR dan KLHS di Mori Utara.

“Silakan kita mendiskusikannya dengan baik, agar ketika investasi masuk dan melakukan kegiatan nantinya, tidak ada lagi permasalahan yang terjadi di masyarakat, khususnya berkaitan dengan lahan, ” ujar Mantan Kadis Perindakop Morut itu.

Sementara itu, Kabid Tata Ruang Dinas PUPR Morut, Lohmeyer, menjelaskan, maksud dilaksanakannya konsultasi publik ini, adalah untuk melibatkan seluruh Tim Pokja, OPD terkait, serta stakehoulder lainnya, dalam perencanaan ( bottom-up approach) KLHS RDTR WR Kecamatan Mori Utara Kabupaten Morut.

Sementara itu, tujuannya adalah untuk menentukan isu strategis dan isu paling strategis sebagai dasar awal di dalam penyusunan KLHS RDTR WP Kecamatan Mori Utara Kabupaten Morut, yang harus diutamakan dalam perencanaan pembangunan daerah, karena dampaknya yang signifikas bagi daerah dengan karakteristik bersifat penting, mendasar, mendesak, berjangka panjang, dan menentukan tujuan penyelenggaraan pembangunan daerah dimasa yang akan datang.

“Kami berharap dengan digelarnya konsultasi publik ini, semua stakehoulder hadir bisa memberikan masukan yang positifnya, sehingga pada penerapannya nantinya, bisa berjalan dengan baik dan maksimal, ” jelas Lohmeyer. (NAL)