Wawali SAS Buka Kegiatan Pokja Kampung KB di Kumelembuai

Wawali SAS saat memberikan Materi Pada Pertemuan Pokja Kampung KB

Tomohon – Wakil Walikota Tomohon Syerly Adelyn Sompotan (SAS) membuka sekaligus memberikan materi dalam pertemuan Kelompok Kerja (Pokja) di Kampung Keluarga Berencana (KB), bertempat di Balai Pertemuan Umum Kelurahan (BPU) Kelurahan Kumelembuai Kecamatan Tomohon Timur,Selasa (18/06/19).

Dasar daripada pembentukan Kampung KB yaitu arahan dari Presiden RI Jokowi kepada BKKBN pada tanggal 29 September 2015 yang di canangkan pada tanggal 16 Januari 2016 BKKBN harus segera menindaklanjuti pengembangan kampung KB diseluruh Kabupaten/kota.

Dalam materinya Wawali SAS juga menyanpaikan bahwa Kampung KB mempunyai tujuan khusus yaitu meningkatkan peran pemerintah daerah, lembaga non pemerintah, swasta dalam memfasilitasi, melakukan pendampingan dan pembinaan kepada masyarakat agar turut berperan aktif dalam meningkatkan kualitaa hidup melalui keterpaduan lintas sektor yang meliputi pengendalian penduduk, kesehatan, sosial ekonomi, pendidikan, pemukiman dan lingkungan serta bidang lain yang sesuai dengan kebutuhan masyarakat.

“Kampung KB merupakan salah satu kegiatan prioritas yang sesuai dengan instruksi presiden RI terutama sebagai bentuk investasi program KB yang manfaatnya dapat secara langsung diterima oleh masyarakat,” jelas Wawali SAS.

Wawali SAS juga menambahkan bahwa Pokja KB mempunyi Tugas Pokok dan Fungsi yaitu sebagai Seksi Kaagamaan, Seksi Pendidikan Sosialisasi, seksi  Reproduksi, Sekai ekonomi, Seksi perlindungan, Seksi Kasih Sayang, Seksi Sosial Budaya dan  Seksi Pembinaan Lingkungan.

Dari sejumlah seksi tersebut DPPKBD Kota Tomohon bersinergi dengan beberapa SKPD diantaranya Dinas Kesehatan, Dinas Pendidikan dan Kebudayaan, Dinas PPPA, Dinas Perkim, Dinas Sosial, Dinas Lingkungan Hidup, Dinas PUPR, Kementerian Agama.

Kepala Dinas BPPKBD Tomohon kepada sejumlah wartawan menyampaikan bahwa saat ini sudah ada 6 Kampung KB yang tersebar di 5 kecamatan yang ada di kota Tomohon dan sudah melakukan pertemuan.

Kegiatan ini di hadiri  peserta perangkat kelurahan, petugas KB dan masyarakat Kelurahan Kumelembuai. (Oma)

Related posts

Leave a Comment