oleh

Wagub Kandouw Pimpin Apel Kehormatan dan Renungan Suci di TMP Kairagi

-Sulut-921 Dilihat

Manado-Malam apel kehormatan dan renungan suci dalam rangka peringatan HUT Proklamasi Kemerdekaan RI ke-78 di Taman Makam Pahlawan (TMP) Kairagi Manado, Sulawesi Utara (Sulut), Rabu (16/08/2023) pukul 24.00 Wita, belangsung khidmat. Wakil Gubernur Sulut Drs Steven O.E Kandouw bertindak selaku Inspektur Upacara.

Apel untuk mengenang jasa perjuangan para pahlawan merebut kemerdekaan Republik Indonesia tersebut,di hadiri Forkopimda Sulut, Pejabat Eselon II Pemprov Sulut, dan tokoh masyarakat.

Sebagai peserta apel, TNI diikuti oleh 500 personil. Sementara dari Polri diikuti oleh 26 personil. Dari Veteran 32 orang, sedangkan unsur Masyarakat Sipil 33 orang termasuk pelajar.

Panglima Kodam XIII/Merdeka Letjen TNI Denny Tuejeh bertindak sebagai Inspektur Upacara.

Setelah penyalaan obor, Inspektur Upacara membacakan teks Apel Kehormatan yang menyatakan penghormatan yang sebesar-besarnya atas keikhlasan dan kesucian pengorbanan para pahlawan.

“Menyatakan hormat yang sebesar-besarnya atas keikhlasan dan kesucian pengorbanan saudara-saudara sebagai pahlawan dalam pengabdian terhadap perjuangan demi kebahagiaan negara dan bangsa,” ujar Inspektur Upacara Letjen Tuejeh.

“Kami bersumpah dan berjanji perjuangan saudara-saudara adalah perjuangan kami pula, dan jalan kebaktian yang saudara tempuh adalah jalan bagi kami juga,” lanjutnya.

“Kami berdoa, semoga arwah saudara-saudara diterima oleh Tuhan Yang Maha Esa serta mendapat tempat yang sewajarnya dan mulia,” pungkas Jenderal Bintang Tiga tersebut.

Adapun Apel Kehormatan dan Renungan Suci ini merupakan rangkaian HUT ke-77 RI yang berlangsung di seluruh Indonesia (*/J.Mo)