oleh

Wabup Suharsi Sambut Baik dan Apresiasi Festival Kambungu Uwopato

Pohuwato– Pemerintah Kabupaten Pohuwato sangat mensuport adanya ide dari dari Karang Taruna dan pemerintah setempat sebagaimana disampaikan bahwa sejarah Kambungu Uwopato yang akan di dokumentasikan lewat buku.

Demikan di katakan Wakil Bupati Pohuwato, Suharsi Igirisa, saat menghadiri festival Kambungu Uwopato dalam rangka perayaan 1 Muharam 1445 H yang digelar oleh Karang Taruna Olongia dan pemerintah Desa Sipayo,Desa Bunuyo, Desa Soginti dan Kelurahan Siduan di Lapangan Sorga, Dusun Barat, Desa Sipayo, Kecamatan Paguat, Rabu, (19/7/2023).

Selain Wabup Suharsi, hadir juga dalam kegiatan ini Ketua Dewan Adat, Ustadz Iku, Dandim 1313 Pohuwato, Aribowo Dwi Hartanto, Anggota DPRD Pohuwato, Otan Mamu, dan Mohammad Afif, pimpinan OPD, Camat Paguat, Ikbal Mbuinga.

Pada kesempatan itu, Wabup Suharsi menyampaikan syukur Alhamdulillah saat ini kita semua masih bisa bersama-sama menyongsong tahun baru islam 1445 H.

“Sejarah lengkap Kambungu Uwopato yang telah dibacakan cukup memberikan inspirasi dan memiliki historis tersendiri, sehingganya apresiasi dan terima kasih dari kami kepada Karang Taruna Olongia yang telah menginisiasi kegiatan Kambungu Uwopato.

Lanjut Wabup Suharsi, perayaan tahun Baru Islam diharapkan bisa terus diisi dengan kegiatan yang bermanfaat. Diketahui tujuan dari kegiatan Kambungu Uwopato, adalah melestarikan adat dan budaya Gorontalo, memupuk persatuan dan kesatuan, mempererat hubungan silaturahmi, serta untuk meningkatkan ketakwaan kepada Allah SWT.

“Ia, sekali lagi apresiasi dan terima kasih juga kepada pemerintah desa, kecamatan, pemangku adat dan seluruh masyarakat paguat atas dukungan dalam penyelenggaraan kegiatan ini”,pungkas Wabup Suharsi Igirisa. (*/Ain)