oleh

Tim Aset Lanud Sam Ratulangi Turut Serta Gelar Konsultasi Publik Tahap Kedua Rencana Pengadaan Tanah Lanud Sam Ratulangi

-Minut-321 Dilihat

Minut-Tim Aset Lanud Sam Ratulangi turut serta menggelar Acara Konsultasi Publik Tahap Kedua rencana pengadaan tanah Lanud Sam Ratulangi yang dibuka oleh Asisten Pemerintahan dan Kesejahteraan Rakyat Kabupaten Minahasa Utara Umbase Mayuntu, S.Sos., M.Si., selaku Ketua Tim Persiapan di Kantor Desa Mapanget, Minahasa Utara, Sulawesi Utara. Rabu (5/7/2023).

Adapun Tim Aset Lanud Sam Ratulangi yang hadir diantaranya Kasifasint Lanud Sam Ratulangi Letkol Sus Chandra Surya, S.T., Kaintel Lanud Sam Ratulangi Letkol Sus Hetly Brinner Yusak Kawet, S.Si., Ps. Kakum Lanud Sam Ratulangi Mayor Sus Yeni F. Luntungan, S.H.

Acara bertajuk “Konsultasi Publik Tahap Kedua Rencana Pengadaan Tanah Bagi Pembangunan Untuk Kepentingan Umum Akses Jalan Lanud Sam Ratulangi” ini menurut Ketua Tim Persiapan merupakan tindak lanjut dari konsultasi publik tahap pertama yang diadakan beberapa waktu lalu di tempat yang sama dalam rangka bertemu, berkoordinasi, dan berkomunikasi dengan masyarakat pemilik tanah yang akan digunakan sebagai pengadaan tanah bagi Lanud Sam Ratulangi dan untuk kepentingan umum.

Dalam acara ini, para pemilik tanah berkesempatan untuk melengkapi data-data kepemilikan tanah yang mungkin pada konsultasi tahap pertama belum membawa data tersebut. “Kami tentunya berharap kehadiran seluruh pemilik tanah yang sah, ataupun apabila diwakili agar dapat menunjukan surat kuasa,” ujar Ketua Tim Persiapan.

Harapannya, seluruh panitia dan pemilik tanah dapat mengikuti seluruh proses sesuai prosedur yang berlaku dalam rangka mendukung program pemerintah. Sejauh ini, tim persiapan telah mendata terkait kepemilikan tanah yang sah.

Sementara itu, Kabid Pertanahan Disperkintan Provinsi Sulawesi Utara Rommy Muaja mengatakan bahwa pemerintah telah menyiapkan anggaran untuk pembayaran ganti rugi lahan yang digunakan.

“Hingga saat ini kami masih mendata tanaman dan lahan milik bapak/ibu tersebut apakah diganti untung atau rugi,” ujarnya seraya mengajak para pemilik tanah untuk turut ambil bagian dalam setiap proses kegiatan.

Turut hadir dalam acara ini, Kabag Ren Polres Minahasa Utara AKP Destam, Kadis PUPR Noldy Kilapong, Kabid Tata Usaha  Michael Nelwan, Kabag Hukum Kab, Minahasa Utara Greisye Longdong, S.H., M.H., Hukum Tua Desa Mapanget  Gerald Kalesaran, S.Pi., Staf Ahli Survey dan Pemetaan Tema Teknologi Informasi Komputer  Yawan Makatimbang, Sekretaris Camat Talawaan  Roringpandey Indy, S.E., dan para pemilik tanah. (*/Mal)