Sekda Lolowang Hadiri Peningkatan Kapasitas Tim Pembina dan Forum Kota Sehat di Kota Tomohon

Tomohon – Walikota Tomohon Jimmy F Eman SE AK CA, diwakili Sekretaris Daerah Kota Tomohon Ir Harold Lolowang MSc MTh menghadiri Penyelenggaraan Kota Sehat Peningkatan Kapasitas Tim Pembina dan Forum Kota Sehat di Kota Tomohon Tahun 2019 bertempat di Aula Nagamas, Selasa (30/04/19).

Walikota dalam sambutan yang dibawakan Sekretaris Daerah mengatakan, penyelenggaraan Kabupaten/Kota sehat telah diatur melalui peraturan bersama Menteri Dalam Negeri dan Menteri Kesehatan Nomor 34 Tahun 2005 dan Nomor 1138/MENKES/PB/VIII/2018 tentang penyelenggaraan Kabupaten/Kota sehat. Pada tahun 2013 Kota Tomohon mendapatkan penghargaan “Swasti Saba Padapa”, tahun 2015 penghargaan “Swasti Saba Wiwerda” dan pada tahun 2017 “Swasti Saba Wistara”. Pada tahun 2019 kembali Kota Tomohon mengikuti penilaian/verifikasi Kota sehat tingkat nasional untuk mempertahankan “Swasti Saba Wistara” dengan memilih 7 tatanan yaitu:
1. Permukiman, sarana dan prasarana umum baik
2. Sarana tertib lalu lintas dan pelayanan transportasi baik
3. Industri dan perkantoran sehat
4. Pariwisata sehat
5. Ketahanan pangan dan gizi
6. Kehidupan masyarakat sehat yang mandiri
7. Kehidupan sosial yang sehat

“Untuk mensukseskan pelaksanaan penilaian/verifikasi Kota sehat tingkat nasional, maka diperlukan kerjasama yang baik antara stakeholders, masyarakat yang difasilitasi oleh Forum Kota Sehat Kota Tomohon,” ujar Lolowang.

Di tambahkan untuk mendorong inisiatif masyarakat menuju hidup sehat. Sektor (pemerintah dan swasta) yang merupakan bagian dari stakeholders dapat ikut aktif atau berpartisipasi sesuai dengan bidang tugasnya.

“Kegiatan ini bertujuan untuk mengkoordinasikan program terkait tatanan Kota sehat pada setiap SKPD terkait persiapan pelaksanaan verifikasi tingkat pusat,” tutup Lolowang.

Tampak hadir Kepala Dinas Kesehatan Daerah Kota Tomohon dr Deisie Liuw MBiomed, para narasumber Ibu Jenne Mandu SKM selaku penanggungjawab Kabupaten/Kota sehat Dinas Kesehatan provinsi Sulawesi Utara, Royke Roeroe SP MAP selaku Kepala Badan Penelitian dan Pengembangan Daerah Kota Tomohon (Ketua Tim Pembina), Drs Johan Sambuaga selaku Ketua Forum Kota Sehat Kota Tomohon, para peserta dan tim Pembina dan forum kota sehat serta hadirin undangan.(Oma)

Related posts

Leave a Comment