oleh

Dana Desa Bedah Rumah Warga Miskin Mulai Dirasakan di Kampung Batubulan

-Berita-520 Dilihat

Sitaro -Pemerintah Kampung Batubulan, Kecamatan Siau Barat Utara Kabupaten Sitaro mengalokasikan Dana Desa  untuk membedah sejumlah rumah tidak layak huni (RTLH) milik warga miskin.

Kapitalau Kampung Batubulan Naftali Hengki Bagania, mengatakan, program bedah rumah tersebut sudah sesuai dengan amanat peruntukan Dana Desa (DD) yang sebagian untuk pemberdayaan dan pembangunan dalam hal infrastruktur.

“Infrastruktur artinya luas, ini infrastruktur pemukiman dan rumah tidak layak huni yang jadi objek,” ungkap Bagania, Selasa (31/1o/2023).

Lebih lanjut ia mengaku, program bedah rumah dilaksanakan,mengingat saat ini masih banyak keluarga yang belum tinggal di rumah layak huni, sehingga Pemerintah Kampung Batubulan berinisiatif mengalokasikan sebagian dana desa  untuk membedah sejumlah rumah tidak layak huni.

“Di Kampung Batubulan sebanyak 9  orang penerima manfaat Bantuan Perbaikan Rumah Tidak Layak Huni,” jelas Bagania.

Diketahui, untuk tahun 2023 ini Kampung Batubulan mendapat  kucuran Dana Desa dan Alokasi Dana Desa sebesar Rp.1,2 milyar. Selain Bantuan Rumah Tinggal Tidak Layak Huni, anggaran Dandes dan ADD di Kampung Batubulan dialokasikan juga untuk Pembangunan jalan tangga pertanian sepanjang 31 meter, bantuan Pembiayaan iuran BPJS Ketenagakerja sebanyak 200 orang, serta  pengadaan mesin katinting 3 unit di peruntukan  bagi masyarakat berprofesi Nelayan. (heri)