oleh

Kampung Dame Satu Manfaatkan Dandes dan ADD Untuk Kesejahteraan Warga

Sitaro– Manfaat Dana Desa  dan Alokasi Dana Desa bagi Kampung Dame Satu, Kecamatan Siau Timur kabupaten Sitaro, sangat di rasakan oleh warga.

Sebab dalam setiap pembangunan pihak kampung selalu melibatkan masyarakat melalui pertemuan musyawarah desa, sehingga Dana Desa dan Alakosai Dana Desa yang di berikan kepada Kampung Dame Satu tepat sasaran dan dapat di pertanggung jawabkan.

Kapitalau Kampung Dame Satu Herry Bukasiang, menjelaskan untuk kampung Dame Satu, kegiatan selang 2023 ini tidak ada kegiatan fisik,tetapi lebih fokus pada kegiatan pemberdayaan untuk penyaluran langsung   tunai dan telah di salurkan bagi 19 Keluarga Penerima Manfaat  dan Pembayaran iuran bagi penerimah kartu Prakerja sebanyak 143 orang.

“Harapan besarnya kepada pemerintah pusat dan daerah agar kedua dana desa maupun Alokasi dana desa terus di pertahankan, bahkan kalau perlu di tingkatkan termasuk besarannya bagi kamu kampung Dame,” Pungkas Bukasiang.

Adapun Dana desa (dandes ) dan Alokasi dana desa (Add) untuk Kampung Dame untuk tahun anggaran 2023 sebesar Rp.1.114.160.184, yang terserap pada lima bidang kegiatan, Bidang Penyelenggaraan Pemerintahan desa Rp.495.106,  Bidang Pelaksanaan Pembangunan desa Rp.392.222.850.  Bidang Pembinaan kemasyarakatan desa Rp.59.428.800, Bidang  Pemberdayaan Masyarakat Rp.5.404.609. Bidang Penanggulangan bencana darurat dan Mendesak Rp. 68. 400.000.

Kampung Dame Satu di huni kurang lebih 538 jiwa tersebar di tiga lindongan dengan mata pencaharian penduduknya sebagian besarnya berprofesi sebagai petani ladang. (heri)